Moms, Yuk Ketahui Ciri dan Gejala Disleksia Pada Anak

Ciri dan Gejala Disleksia

Setiap orangtua tentu menginginkan anak-anaknya untuk tumbuh besar dan sehat, dan tidak mengalami kesulitan belajar ketika mereka mulai mengenyam pendidikan. Akan tetapi pada kenyataannya, beberapa anak akan mengalami kesulitan belajar, terutama kesulitan belajar. Dan hal yang cukup menyedihkan adalah tidak banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk merubahnya. Kondisi dimana anak mengalami kesulitan membaca yang disebabkan oleh gangguan pada satu bagian otak adalah disleksia. Ciri dan gejala disleksia dapat Anda temukan pada artikel berikut ini.

Seperti yang telah diungkapkan di atas, penyebab dari disleksia adalah kelainan fungsi dari bagian otak yang bertanggung jawab untuk memproses simbol-simbol grafik. Gangguan tersebut mengakibatkan bagian otak tersebut mengalami kesulitan dalam mengolah kata-kata. Sehingga salah satu ciri dan gejala disleksia yang paling terlihat adalah sang anak memiliki kesulitan dalam mengeja maupun membaca kalimat terlepas dari ia memiliki nilai intelejensi yang normal atau tinggi.  Baca juga: Bunda Wajib Tahu! Inilah Manfaat Beras Merah Untuk Kehamilan

Gejala lain dari disleksia adalah lambatnya proses pembelajaran alfabet sekaligus cara mengeja kata. Atau bisa juga ia telah berhasil mengingat dan mengeja kata-kata tersebut namun lupa sama sekali keesokan harinya. Anak yang terkena disleksia juga pada umumnya memiliki tingkat konsentrasi yang sangat rendah dan perhatiannya mudah teralihkan. Selain itu, beberapa anak dengan disleksia juga rawan terkena beberapa gejala penyakit yang berhubungan dengan sistem imun seperti asthma, eczema, hay fever, dan penyakit alergi yang lainnya.

Dan jika anak Anda didiagnosa terkena diagnosa, hal yang wajib Anda hindari adalah menyalahkan anak maupun menyalahkan diri sendiri. Disleksia merupakan salah satu cabang dari kelainan syaraf otak, dan mayoritas kasus disleksia disebabkan oleh faktor genetik. Disleksia bukanlah akibat dari sistem pengajaran atau instruksi yang buruk, atau bahkan watak pembawaan anak.

Hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu proses pembelajaran anak Anda adalah dengan mencoba berbagai macam stimulus. Salah satunya seperti memperdengarkan buku audio dan mengajak anak Anda untuk mengajak membaca buku tersebut bersamaan. Anda juga dapat membacakan buku favoritnya yang sudah Anda bacakan berkali-kali. Hal-hal di atas diharapkan mampu menumbuhkan minat membaca pada anak, dan dengan ia mengetahui asyiknya membaca maka proses penyerapan informasi pun akan berlangsung semakin cepat dan lancar.

Demikianlah beberapa ciri dan gejala disleksia. Satu hal yang paling penting adalah agar tetap bersabar dan merayakan segala pencapaian terkecil yang diraih oleh anak Anda. Ingatlah bahwa Anda adalah satu-satunya orang yang berpengaruh sangat besar dalam hidupnya.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Yuk Ketahui Ciri dan Gejala Disleksia Pada Anak"