Moms, Yuk Ketahui Penyebab Masalah Kesuburan Berikut

Moms, Yuk Ketahui Penyebab Masalah Kesuburan Berikut

Anak merupakan karunia Tuhan, dan kehadiran seorang anak di tengah-tengah keluarga merupakan sepenuhnya keputusan dari Yang Maha Kuasa. Terlepas dari keyakinan tersebut, banyak pasangan yang merasa terbebani akan kegagalan mereka dalam memiliki anak, bahkan tidak jarang mereka terpaksa berpisah karenanya. Masyarakat tradisional pada umumnya akan membebankan masalah tersebut sepenuhnya kepada pihak perempuan. Akan tetapi, benarkah hal itu benar-benar merupakan kesalahan dari pihak istri? Berikut adalah beberapa penyebab masalah kesuburan yang wajib Anda ketahui.

  • Kelainan Ovulasi

Kelainan ovulasi merupakan salah satu dari penyebab masalah kesuburan yang cukup umum terjadi. Jenis disorder ini pada umumnya disebabkan oleh siklus pelepasan sel telur yang tidak teratur, atau bahkan tidak adanya proses ovulasi sama sekali. Penyebab dari kelainan ovulasi ini adalah akibat gangguan keseimbangan hormon.

Selain gangguan hormon, kacaunya proses ovulasi juga dapat disebabkan oleh kualitas sel telur yang buruk, adanya gangguan pada salah satu atau kedua kalenjar endokrin, malnutrisi, stress, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

  • Jumlah Serta Kualitas Sperma Yang Buruk

Penyebab dari masalah kesuburan ternyata tidak selalu datang dari pihak perempuan. Pihak laki-laki pun dapat mengalami gangguan kesuburan sehingga mengakibatkan kemandulan. Masalah pada produksi sperma, dimana sperma yang dikeluarkan terlalu sedikit, hingga kualitas sperma yang buruk bisa menjadi penyebab dari gagalnya proses pembuahan.  baca juga: Mengatasi Keluhan-Keluhan Yang Terjadi Pada Masa Kehamilan

Penyebab dari penurunan kualitas sperma atau jumlah sperma yang sedikit antara lain gaya hidup yang buruk, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman keras, dan pola makan yang tidak sehat sehingga mengakibatkan obesitas.

Selain itu, faktor stres dan radikal bebas dari polusi juga dapat mengakibatkan kualitas sperma menjadi buruk. Dan bahkan, faktor yang terlihat sangat sepele yaitu gemar mengenakan celana yang ketat juga dapat mengganggu produksi sperma.

  • Endometriosis

Endometriosis adalah sebuah gejala penyakit dimana lapisan endometrium yang ada di dalam rahim tidak terkelupas sepenuhnya selama menstruasi. Lapisan tersebut kemudian tidak hanya menempel di rahim tetapi juga di bagian organ-organ yang lain. Lapisan endometrium yang melekat tersebut kemudian akan berubah menjadi radang yang dapat memblokir akses sel telur yang akan menuju ke rahim.

Kasus terjadinya endometriosis ini bukanlah kasus yang langka dan menjadi salah satu penyebab umum dari terjadinya kemandulan pada pihak perempuan.

  • Adanya Penyumbatan Pada Saluran Telur

Penyebab masalah kesuburan ini juga termasuk umum terjadi pada pihak wanita. Akibat dari adanya penyumbatan pada saluran telur mengakibatkan tidak bertemunya sel telur dan sperma sehingga pembuahan tidak dapat terjadi. Penyebab dari penyumbatan ini pun bermacam-macam. Bisa jadi akibat adanya radang panggul, namun bisa juga disebabkan oleh infeksi menular seksual, atau yang juga dikenal dengan nama IMS.

  • Kelainan Lendir Leher Rahim

Kondisi leher rahim yang terlalu asam juga bisa menjadi penyebab dari mengapa Anda tidak kunjung mendapatkan momongan. Umumnya, lendir yang diproduksi leher rahim memiliki tingkat keasaman tertentu yang masih memungkinkan untuk ditembus oleh sejumlah sperma hingga mencapai sel telur.

 

Akan tetapi dalam kasus tertentu, lendir leher rahim tersebut memiliki tingkat keasaman yang terlalu tinggi. Sehingga akibatnya lendir tersebut menghambat dan mematikan sperma yang akan membuahi sel telur.

  • Berat Badan Yang Tidak Ideal

Hal ini berlaku baik untuk pihak laki-laki dan perempuan. Kondisi berat badan yang terlalu tinggi (obesitas) dapat mempengaruhi kualitas sel telur atau sperma menjadi lebih jelek. Namun jika berat badan Anda, khususnya kaum Hawa terlalu rendah, maka hal tersebut dapat mengakibatkan ketimpangan hormon. Hormon estrogen yang dibutuhkan untuk memicu produksi sel telur pun berkurang sehingga tidak memungkinkan terbentuknya sel telur.

Demikianlah beberapa informasi singkat mengenai penyebab masalah kesuburan. Ada baiknya jika Anda dan pasangan segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab asli dari kemandulan yang dialami.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Yuk Ketahui Penyebab Masalah Kesuburan Berikut"