Penting Untuk Diketahui! Inilah Penyebab Masalah Kesuburan

penyebab masalah kesuburan

Kemampuan reproduksi  pada dasarnya merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup. Dengan bereproduksi maka manusia, hewan dan tumbuhan akan dapat memperoleh keturunan dan dengan demikian akan memastikan bahwa populasi mereka dapat tetap lestari. Insting untuk bereproduksi tersebut kemudian berkembang menjadi sebuah bentuk kebudayaan dimana setelah mengesahkan ikatan antara dua orang dalam sebuah pernikahan, maka hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah bereproduksi. Akan tetapi, tidak jarang beberapa pasangan memiliki masalah dengan kesuburan sehingga membuat proses kehamilan pun menjadi sangat sulit. Kira-kira apa sajakah penyebab masalah kesuburan?

Selama ini masyarakat selalu menyimpulkan bahwa penyebab masalah kesuburan terletak pada pihak perempuan, dan stigma tersebut pun seringkali membuat istri merasa tertekan. Akan tetapi, apakah stigma tersebut benar adanya?

Karena kenyataannya, penyebab sulit hamil juga bisa datang dari pihak laki-laki. Kehamilan hanya dapat terjadi jika sel telur dan sperma memiliki kualitas yang baik. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas dari sel telur atau sperma antara lain pengaruh genetik, penyakit, hingga faktor lingkungan.

Pada pria, kelainan genetik yang dapat menyebabkan menurunnya kualitas sperma maupun kegagalan dalam produksi sperma antara lain cystic fibrosis, yaitu sebuah penyakit genetik yang antara lain menunjukkan gejala seperti penggembungan pada kuku jari. Selain itu, pengaruh gaya hidup seperti kebiasaan merokok dan konsumsi minuman keras juga dapat mempengaruhi produksi dan kualitas sperma.

Rokok memiliki kandungan nikotin dimana nikotin bersifat mengentalkan darah dan menyebabkan clogging. Sebagai akibatnya, aliran darah di pembuluh darah pun akan terganggu dan suami akan mengalami gangguan ereksi. Pengaruh radiasi elektronik pun juga dapat menyebabkan umur sperma menjadi lebih pendek sehingga sperma akan mati sebelum dapat menjangkau sel telur.

Sedangkan pada wanita, penyebab dari masalah kesuburan antara lain akibat adanya penyumbatan di ovarium (sel telur) sehingga menghalangi pertemuan antara sel telur dan sperma. Penyumbatan tersebut bisa terjadi akibat radang panggul atau penyakit menular seksual. Selain itu pengaruh tingkat pH dari organ reproduksi perempuan pun bisa menjadi penyebab dari kegagalan pembuahan. Jika kadar pH pada leher rahim terlalu asam, maka hal tersebut akan mematikan sperma bahkan sebelum sperma dapat mencapai rahim. Sedangkan apabila lendir yang ada di leher rahim terlalu kental maka laju sperma pun akan melambat. Dikhawatirkan sperma akan mati sebelum dapat menjangkau rahim karena umur sperma yang pada umumnya cukup singkat, yaitu dua hingga tiga hari saja.

Selain faktor-faktor di atas, faktor stres yang dapat melanda suami maupun istri pun dapat menjadi penyebab masalah kesuburan.  Semoga informasi ini dapat menjadi titik terang bagi permasalahan reproduksi yang Anda hadapi.

author
No Response

Leave a reply "Penting Untuk Diketahui! Inilah Penyebab Masalah Kesuburan"