Perhatikan Warna Pipis si Kecil dari Popoknya

No comment 39303 views

popok buah hati

Bagi orang tua yang memiliki buah hati untuk pertama kalinya, cukup sering membuat Anda merasakan  kekhawatiran berlebih terhadap kondisi kesehatan si Kecil. Terlebih jika Anda melihat warna dan bau urin yang berbeda-beda pada popok bayi yang dia pakai, sebagai orang tua pasti sedikit bingung mengapa hal tersebut bisa terjadi. Padahal, dari kondisi urin yang berbeda-beda kita dapat mengetahui kondisi kesehatan si Kecil lho, Bunda. Wah, bagaimana bisa?

Warna dan bau pipis bayi terkadang berubah-ubah jika Anda perhatikan pada popoknya, hal ini disebabkan oleh kondisi kesehatan si Kecil yang juga berubah tanpa disadari. Jika Anda merasakan keanehan ketika melihat warna dan bau pipis si Kecil pada popok bayi, coba perhatikan tanda-tanda berikut:

  1. Warna kulit: Bagaimanakah warna kulit si Kecil? Apakah berbeda daripada biasanya? Apakah warna kulitnya bewarna merah seperti biasanya atau berubah?
  2. Tempramen :Bagaimanakah reaksi si Kecil ketika Anda mencoba menggodanya dengan sentuhan? Apakah dia menunjukkan tanda-tanda kesakitan atau tidak nyaman?
  3. Nafsu makan/minum: Bagaimana nafsunya makan/minumnya ketika Anda memberikan ASI atau susu formula? Apakah bayi Anda minum dengan lahap seperti biasanya?
  4. Lain-lain: Apakah si Kecil menunjukkan gejala-gejala yang kelihatannya mengkhawatirkan, seperti demam, muntah-muntah, atau ruam? Apakah bayi Anda menunjukkan wajah kesakitan ketika dia mengeluarkan air pipisnya?

Kenalilah tanda-tanda dasar tersebut, setelah itu Anda dapat memperhatikan kondisi si Kecil lebih lanjut melalui warna, bau, maupun jumlah pipisnya sebagai berikut:

1. Jika pipis si Kecil bewarna kuning jernih

  • Jika melihat pipis si Kecil bewarna kuning jernih pada popok bayi, Anda tidak perlu khawatir karena warna pada urin tersebut menandakan bahwa sang buah hati dalam keadaan yang normal. Takkan ada perbedaan saat bayi mengonsumsi susu formula maupun ASI, karena pada umumnya warna urin bayi yang baru lahir sekitar 0-3 bulan memiliki warna pipis yang sama dengan bayi diatas 4 bulan. Akan tetapi, bila bayi Anda mengonsumsi makanan tambahan atau obat-obatan, warna pada pipis si Kecil bisa saja berubah.

2. Jika pipis si Kecil bewarna gelap atau kemerah-merahan

  • Merah gelap: Jika warna pipis si Kecil bewarna lebih gelap daripada biasanya Anda tidak perlu khawatir karena warna ini  menandakan bahwa bayi Anda dalam kondisi yang baik dan makan dengan normal. Bisa juga ketika cuaca sedang panas, si Kecil akan lebih berkeringat sehingga volume air pipisnya menjadi berkurang dan berwarna lebih gelap.
  • Kemerah-merahan: Warna kemerah-merahan bisa saja terjadi karena si bayi mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pewarna. Akan tetapi, jika si Kecil hanya minum susu saja seharian dan pipis bewarna kemerah-merahan, ada kemungkinan bahwa urin terkontaminasi dengan darah. Bawalah popok bayi Anda tersebut dan berkonsultasilah dengan dokter.

3. Jika pipis si Kecil bau

  • Anda akan merasakan bau yang tajam ketika mengganti popok di pagi hari, hal tersebut adalah wajar karena pipis yang dikeluarkannya pada malam hari tertahan lebih lama.
  • Akan tetapi, Anda perlu waspada jika mencium bau tajam serta pipis bewarna keruh dari popok bayi dan disertai dengan demam lebih dari 38 derajat Celcius terus menerus tanpa gejala lain seperti pilek dan batuk. Jika keadaan ini berlangsung beberapa hari dan pipis si Kecil tetap ada pada kondisi tersebut, ada kemungkinan bayi Anda mengalami infeksi saluran kemih. Bawalah ke dokter dan konsultasikan keadaan si Kecil.

4. Jika pipis si Kecil mengalami penurunan

  • Ketika dalam cuaca yang panas, bayi Anda cenderung berkeringat lebih banyak dan mengeluarkan pipis dalam jumlah yang sedikit. Walaupun popok bayi si Kecil mungkin tidak basah seperti biasanya, asalkan dia pipis setiap 3 atau 4 jam sekali Anda tidak perlu khawatir.
  • Akan tetapi, Anda perlu khawatir jika si Kecil dalam masa menyusui dan tidak pipis hingga lebih dari setengah hari, hal ini menandakan bahwa si Kecil mengalami dehidrasi. Segeralah Anda dan si Kecil pergi ke dokter dan konsultasikan kondisi sang buah hati.

Selain Anda dapat melihat kesehatan bayi dari warna pipis yang ada di popoknya, pemilihan popok yang tepat juga wajib diperhatikan agar tidak timbul masalah kesehatan lainnya bagi bayi. Banyaknya merk popok yang berada di supermarket tentu saja membuat Anda bingung dan kesulitan membeli popok yang tebaik untuk bayi. Untuk mendapatkan popok bayi yang yang tepat dan aman Anda harus membandingkan popok tersebut dari segi :

>> Efektif dipakai
Pilih popok yang mampu menyerap pipis bayi lebih banyak ketimbang yang lain.

>> Kenyamanan
Buah hati Anda harus nyaman saat memakai popok dengan memilih yang berbahan llembut. Perhatikan pula perekatnya yang tidak mudah robek atau terbuka dengan sendirinya.

>> Aman
Dalam arti pas dengan bentuk tubuh buah hati Anda agar tidak terjadi kebocoran saat pipis maupun buang air besar.

>> Diciptakan khusus
Misal untuk bayi perempuan dan laki-laki. Popok ada pula yang khusus malam hari dengan daya tampung yang lebih banyak.

>> Harga
Harganya sepadan atau tidak dengan manfaatnya

Kenalilah kondisi kesehatan pada sang buah hati dengan mudah melalui popok bayi si Kecil. Jika ada tanda-tanda yang tidak bagus pada warna urin si Kecil, Anda jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter kepercayaan. Kesehatan si Kecil memang harus diperhatikan kan, Bunda. Baca juga : Kenali Kanker pada Anak dan Cara Mendeteksi Dini

 

author
No Response

Leave a reply "Perhatikan Warna Pipis si Kecil dari Popoknya"