Persiapan Kesehatan Sebelum Hamil Apa yang Harus Disiapkan?

landscape-1477384846-pregnant-woman-drawing

Jodoh, kelahiran, dan kematian semuanya merupakan wewenang Yang Maha Kuasa. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha sebaik mungkin dan berdoa. Dan pastinya hal itulah yang hingga saat ini Anda dan pasangan lakukan untuk memperoleh anak. Dalam rangkaian usaha Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah persiapan kesehatan sebelum hamil. Apa saja nih?

 
• Jadwalkan Kunjungan secara Rutin dengan Dokter Kandungan Anda
Salah satu persiapan kesehatan sebelum hamil yang sangat penting untuk dilakukan adalah menjadwalkan kunjungan pra-konsepsi dengan dokter Anda. Hal tersebut sangatlah penting karena dari kunjungan rutin tersebutlah Anda akan dibantu untuk merencanakan kehamilan yang sehat.

Dokter akan memeriksa mulai dari riwayat kesehatan Anda dan pasangan hingga keluarga Anda. Selain itu, jika saat ini Anda sedang dalam masa pengobatan dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, dokter Anda akan membantu menyarankan jenis obat mana saja yang tidak aman atau boleh untuk dikonsumsi.

Umumnya dokter juga akan menyarankan Anda untuk melakukan vaksinasi MMR untuk melindungi Anda dan si janin nantinya. Anda juga dapat meminta dokter Anda untuk membantu menyusun pola makan dan olahraga yang sehat dan membantu Anda dalam meraih kehamilan yang sehat.

 
• Hentikan Konsumsi Rokok dan Minuman Keras
Jika Anda termasuk salah satu orang yang menikmati hidup dengan mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok, maka Anda wajib berhenti melakukan aktivitas tersebut jika Anda ingin kehamilan Anda sehat nantinya. Sudah banyak peneltiian yang membuktikan bahwa merokok dapat mempengaruhi tingkat kesuburan, baik pada wanita maupun pada pria.

Konsumsi minuman keras, rokok, dan obat-obatan terlarang selama kehamilan juga telah terbukti dapat mengakibatkan komplikasi kehamilan yang mengakibatkan kelahiran prematur atau bahkan keguguran.

 
• Konsumsi Ikan, Tapi Jangan Terlalu Banyak
Ikan laut merupakan salah satu sumber protein dan lemak omega 3 yang sangat bermanfaat untuk mendukung perkembangan janin Anda nantinya. Tapi konsumsi ikan laut dalam jumlah yang berlebihan dapat mengekspos Anda terhadap resiko keracunan zat polutan merkuri. Zat polutan tersebut terdapat pada hampir semua jenis ikan (terutama ikan laut), bahkan penelitian membuktikan bahwa ikan berukuran besar seperti salmon, herring, dan tuna memiliki jumlah polutan merkuri yang lebih besar dibandingkan dengan ikan jenis lain yang lebih kecil. Jadi, berhati-hatilah, Moms.

 
Demikianlah 3 persiapan kesehatan sebelum hamil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Persiapan Kesehatan Sebelum Hamil Apa yang Harus Disiapkan?"