Sangat Aman! Inilah Cara Atasi Kulit Berminyak Selama Kehamilan

Cara Atasi Kulit Berminyak Selama Kehamilan

Pertama-tama selamat bag Anda yang saat ini sedang menjalani masa kehamilan. Terutama bagi Anda yang telah lama menanti kehadiran si kecil, sudah sepantasnya Anda menyambut kehamilan Anda dengan hati yang riang. Selama periode kehamilan ini, tubuh Anda akan mengalami gejolak hormon yang tidak hanya mempengaruhi kondisi emosional Anda juga tetapi juga gejala-gejala fisik, salah satunya adalah kulit berminyak. Aduh, lalu bagaimana cara atasi kulit berminyak selama kehamilan?

Cara atasi kulit berminyak selama kehamilan tentunya harus Anda perhitungkan secara baik-baik, karena ibu hamil pada umumnya tidak disarankan untuk menggunakan produk kosmetik, karena dikhawatirkan kandungan kimia dari produk tersebut akan berefek kepada janin Anda yang tengah berkembang. Namun untungnya, masih ada metode-metode alternatif yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kulit berminyak tanpa harus khawatir hal tersebut akan berefek buruk pada janin Anda.   Baca juga: Moms, Inilah Cara Atasi Hiperpigmentasi Pada Ibu Hamil

  • Menghidrasi Kulit

Kulit berminyak selama masa kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon, dan walaupun hal tersebut merupakan sesuatu yang alami, Anda dapat paling tidak mengurangi produksi minyak (sebum) dengan rajin mengkonsumsi air. Dengan kondisi kulit yang lembap dan terjaga hidrasinya, maka dengan sendirinya tubuh Anda pun akan membatasi produksi minyak.

  • Rajin Membasuh Wajah

Walaupun ibu hamil tidak dianjurkan untuk menggunakan produk kosmetik face cleanser merk apapun, bukan berarti Anda mengabaikan kebersihan wajah. Tindakan perawatan kulit yang dapat Anda lakukan pada saat hamil sekaligus untuk mengurangi produksi minyak kulit adalah dengan membasuh wajah Anda secara teratur.

Caranya adalah dengan membasuh wajah Anda dengan air hangat terlebih dahulu. Hal tersebut ditujukan agar pori-pori wajah Anda membuka sehingga kotoran dan minyak berlebih pada wajah larut dan menghilang dari wajah Anda. Setelah itu, baru tutup pori-pori wajah dengan membasuh wajah dengan air dingin. Namun, jangan terlalu sering mencuci muka, karena hal tersebut dapat mengakibatkan wajah Anda menjadi kering. Dan dengan kulit wajah yang kering maka dapat memicu produksi minyak yang berlebihan.

  • Aplikasikan Masker Alami

Anda dapat membuat masker alami dengan menggunakan campuran apel, putih telur, dan oatmeal. Caranya, campurkan setengah cangkir apel tumbuk dan setengah cangkir oatmeal dengan putih telur. Teteskan beberapa tetes sari lemon dan aduk hingga rata. Oleskan masker pada wajah Anda dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan menggunakan air dingin.

Demikianlah beberapa cara atasi kulit berminyak selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Sangat Aman! Inilah Cara Atasi Kulit Berminyak Selama Kehamilan"