Selain Perut, Inilah 3 Perubahan Bentuk Tubuh Ibu Hamil

Bagaikan pucuk dicinta ulam pun tiba, betapa bahagianya Anda dan pasangan saat 2 strip garis muncul pada test pack. Ya, setelah masa penantian yang sedemikian lama Anda akhirnya dinyatakan hamil. Selamat, Moms! Kerabat dekat dan teman-teman Anda pun pasti ikut excited, walaupun mungkin masih ada yang bertanya-tanya karena perut Anda belum membesar. Memang, kebanyakan orang masih menganggap bahwa perut yang membesar merupakan satu-satunya perubahan bentuk tubuh ibu hamil.

Padahal perut Anda baru akan terlihat besar saat Anda menginjak usia kehamilan trimester kedua. Dan jauh sebelum itu sebenarnya Anda bakal merasakan beberapa perubahan fisik lho, tepatnya saat trimester pertama. Jadi selain perut, apa saja ya perubahan bentuk tubuh ibu hamil yang sebaiknya diketahui?

  • Perubahan Pada Payudara

Saat Anda menginjak trimester pertama, hal pertama yang akan Anda rasakan adalah kedua payudara Anda terasa tegang dan sakit saat disentuh. Sekilas gejala satu ini sangat mirip dengan gejala yang Anda alami saat sebelum menstruasi, jadi wajar saja jika kebanyakan calon ibu sama sekali tidak menyadari bahwa itu adalah pertanda kehamilan.

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka payudara Anda pun akan semakin membesar. Dan pada usia kehamilan bulan ke-7, kalenjar air susu Anda sudah mulai aktif dan mengeluarkan colostrum. Colostrum adalah cairan berwarna kekuning-kuningan yang sangat dibutuhkan oleh bayi Anda kelak.

  • Perubahan Pada Rambut

Bunda mungkin akan terkejut atau mungkin sedikit khawatir saat Anda mendapati perubahan pada rambut. Perubahan yang paling noticeable adalah rambut jadi susah sekali untuk ditata, rambut terasa sangat berminyak, atau bahkan terjadi penipisan pada rambut dan alis. Mungkin hal tersebut membuat Anda  sempat merasa parno atau bahkan mempengaruhi kepercayaan diri Anda.

Tapi Anda bisa menarik napas lega, Moms! Karena ternyata gejala tersebut adalah hal normal yang hanya akan berlangsung sementara. Adanya perubahan pada rambut Anda disebabkan oleh gejolak hormon yang terjadi di dalam tubuh selama kehamilan. Jadi setelah Anda melahirkan si kecil, kondisi rambut Anda akan kembali seperti keadaan semula.

  • Perubahan Pada Kulit

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan Anda, Anda mungkin sering memperoleh pujian bahwa Anda terlihat lebih cantik dan sehat dari biasanya. Wah, consider yourself lucky! Karena itulah yang disebut dengan pregnancy glow. Salah satu penyebab dari pregnancy glow adalah produksi hormon yang meningkat sehingga kulit Anda pun merespons dengan memproduksi minyak wajah sehingga wajah Anda terasa lembap. Pembuluh darah juga membesar sehingga semakin memperlancar distribusi oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit Anda. So lucky!

Semoga informasi tentang perubahan bentuk tubuh ibu hamil di atas bermanfaat bagi Anda, Moms!

author
No Response

Leave a reply "Selain Perut, Inilah 3 Perubahan Bentuk Tubuh Ibu Hamil"