Talasemia, Penyakit Keturunan Yang Sangat Menyiksa!

Penyakit Talasemia – Tahukah Anda tentang penyakit satu ini? Penyakit ini mungkin tidak familiar di telinga Anda, tapi Anda harus mewaspadai penyakit ini karena penyakit ini sangat berbahaya. Penyakit ini bernama Talasemia, apa itu penyakit thalasemia? Jadi penyakit thalasemia adalah penyakit keturunan dari keluarga. Faktanya 6-10 orang dari 100 orang membawa gen penyakit ini, jadi ketika misalnya sepasang pembawa gen ini menikah maka mereka akan mempunyai anak menderita talasemia dengan kemungkinan 25%, 50% menjadi pembawa sifat atau carrier, 25% nya lagi bebas talasemia.

Apa yang terjadi pada tubuh jika terjadi talasemia? bagaimana penyakit ini menyerang? Pasti itulah yang terlintas pada pikiran Anda bukan? Nah kali ini kami akan memberikan informasi selengkapnya mengenai penyakit ini, mulai dari simptom penyakit talasemia atau lebih dikenal dengan istilah ciri-ciri penyakit thalasemia yang dapat dilihat jika orang tersebut menderita penyakit talasemia. Langsung saja simak ulasan berikut ini mengenai penyakit thalasemia pada anak.

Talasemia merupakan penyakit keturunan yang menyerang kemampuan memproduksi eritrosit atau sel darah merah dan hemoglobin atau protein yang mengandung zat besi, sehingga akan menimbulkan gejala seperti anemia, pembengkakan limpa dan hati, dan pembentukan tulang wajah yang tidak normal. Penderita penyakit ini sebagian besar dialami oleh anak-anak dari umur 0 tahun sampai usia 18 tahun. Jadi intinya penyakit ini disebabkan adanya kelainan pada gen yang mengatur pembentukan dari rantai globin sehingga proses produksinya terganggu.

Kini kita akan beralih pada gejala talasemia yang bisa dikenali pada penderita. Wajah penderita akan terlihat sangat pucat, susah tidur, kondisi tubuh lemah, nafsu makan berkurang. Selain itu tanda yang tidak bisa dilihat secara langsung namun dapat dikenali adalah detak jantung yang terlalu keras, karena aktivitas memompa darah yang terlalu keras maka kondisi jantung akan menjadi lemah. Kemudian gejala penyakit talasemia juga bisa dikenali pada kondisi tulang yang mengalami penipisan dan kerapuhan. Selain itu warna kulit pada penderita talasemia berwarna kekuningan dan warna urin yang gelap pekat

Pada dasarnya talasemia adalah jenis penyakit kelainan kondisi darah. Karena penderita penyakit ini memiliki jumlah hemoglobin yang sangat kurang, maka penderita harus melakukan transfusi darah secara rutin. Jadi penyakit sangat menyiksa bukan? Maka dari itu Anda harus waspada. Memang penyakit ini tidak menular namun bisa terjadi karena keturunan. Oleh karena itu cara mencegah agar tidak menurunkan penyakit ini adalah dengan cara memerikasakan kondisi hemoglobin sesama pasangan sebelum menikah agar anak yang nanti lahir tidak beresiko terkena talasemia.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai penyakit talasemia, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang penyakit-penyakit berbahaya supaya Anda dapat mewaspadai dan mencegah penyakit itu dengan tepat.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Talasemia, Penyakit Keturunan Yang Sangat Menyiksa!"