Tanda Ibu Hamil Muda Keluar Darah Coklat, Normalkah?

Tanda Ibu Hamil Muda Keluar Darah Coklat

Bagi Anda dan pasangan yang menjalani sebuah bahtera rumah tangga dan sudah mengharapkan kehadiran si kecil tentunya akan dilanda oleh kebahagiaan begitu Anda mendapatkan kabar gembira dari dokter kandungan bahwa akhirnya si kecil telah hadir di dalam rahim Anda. Dan dalam tahap ini, tidak hanya Anda dan pasangan saja yang mempersiapkan diri untuk menghadapi bulan-bulan kehamilan 9 bulan mendatang, tubuh Anda pun mulai mengalami perubahan fisik dan hormon untuk menampung si kecil. Akan tetapi, Anda bisa jadi sedikit panik ketika Anda mendapati flek-flek darah berwarna coklat pada celana dalam Anda. Apakah tanda ibu hamil muda keluar darah coklat merupakan pertanda yang buruk?

Pertama-tama Anda dapat menarik napas lega, karena tanda ibu hamil muda keluar darah coklat adalah sesuatu yang normal dan terjadi pada hampir semua ibu hamil. Justru sebaliknya, flek darah berwarna coklat tersebut merupakan salah satu pertanda bahwa Anda benar-benar telah hamil. Saat itu, sel telur yang telah sukses dibuahi oleh sperma akan bergerak menuju rahim, dan sesampainya ia di sana, ia akan melekatkan dirinya pada dinding rahim. Proses pelekatan (implantasi) sel telur ke dinding rahim tersebut menyebabkan pendarahan minor yang kemudian menyebabkan flek-flek darah berwarna coklat tersebut.

Flek darah berwarna coklat tersebut pada umumnya berlangsung dalam waktu singkat, yaitu hanya sekitar beberapa jam hingga beberapa hari. Namun, Anda wajib khawatir dan segera memeriksakan diri ke dokter kandungan jika darah yang keluar berwarna merah dan dalam jumlah yang besar. Pendarahan dalam skala yang besar tersebut bisa jadi merupakan gejala-gejala gangguan kehamilan yang cukup fatal.   Baca juga: Bunda, Ketahui Cara Melakukan USG 3 Dimensi Yang Benar Yuk

Salah satunya adalah kehamilan ektopik, dimana sel telur yang sudah dibuahi tidak sampai ke dalam rahim dan justru menempel pada bagian organ reproduksi lain, pada umumnya  pada bagian tuba fallopi. Apabila sel telur tersebut tidak segera digugurkan maka saluran tuba fallopi Anda akan sobek akibat dorongan dari calon embrio yang terus tumbuh. Sebagai dampaknya, Anda dapat terkena pendarahan hebat dan mau tidak mau Anda harus dirujuk ke rumah sakit.

Keguguran juga bisa menjadi faktor penyebab timbulnya pendarahan dalam jumlah yang sangat banyak. Keguguran janin di usia kehamilan muda disebabkan oleh berbagai macam hal. Beberapa di antaranya adalah kelainan bentuk rahim hingga penempelan yang tidak sempurna dari sel telur pada rahim.

Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan tanda ibu hamil muda keluar darah coklat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Tanda Ibu Hamil Muda Keluar Darah Coklat, Normalkah?"