Temulawak, Obati Anak Susah Makan

No comment 1041 views

anak susah makan

Anak susah makanBingung karena si Kecil mulai susah makan, Bu? Masalah anak susah makan memang sering kali dijumpai para ibu. Namun, hal ini jangan dianggap enteng! Bisa saja anak menderita malnutrisi yang menyebabkan tumbuh kembangnya kurang maksimal.

Salah satu solusi yang wajib Ibu coba untuk mengobati anak susah makan adalah dengan memberinya temulawak. Cara tradisional ini dinilai ampuh untuk meningkatkan nafsu makan anak. Ibu bisa saja memilih vitamin peningkat nafsu makan yang mengandung vitamin maupun membuatnya sendiri di rumah.

Apabila ingin membuat sendiri di rumah, gunakan saja temulawak. Tanaman rimpang ini sangat mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional dan kaya akan zat tepung, kurkumin serta minyak atsiri.

Minyak astiri yang terkandung di dalam Curcuma Javanica inilah yang dapat megobati anak susah makan karena mempunyai sifat karminativum. Zamana dahulu, para ibu biasa memberikan “cekokan” pada buah hati apabila mereka mulai rewel untuk makan. Selain dapat meningkatkan nafsu makan, tumbuhan rimpang ini juga sangat baik untuk memelihara fungsi pencernaan karena dapat meningkatkan aktivitas cairan yang ada dalam lambung. Ini dapat membantu proses metabolisme pencernaan serta dapat mengurangi kontraksi yang terjadi pada usus halus.

“Temulawak bisa mengatasi penyakit hati yang tingkat SPGT dan SGOT-nya lebih dari normal selama enam bulan  lebih. Selain itu, juga bisa mengobati penyakit hati yang terkait virus B, C atau B dan C.” Ungkap dr. Pangestu Adi, staf senior di fakultas kedokteran  Universitas Airlangga RSU Dr. Soetomo, Surabaya.

Sedangkan, zat kurkumin yang menyebabkan warna kuning pada temulawak ini dapat mengobati penyakit liver. Ini karena kurkumin dapat berfungai sebagai analgesik, antiinflamasi serta antioksidan.

Ibu bisa merebus temulawak dengan air di panci yang tidak terbuat dari aluminium. Untuk memasaknya, panci yang digunakan harus ditutup dengan rapat agar kandungan minyak atsiri tidak menguap. Jika ingin lebih praktis, memberikan vitamin yang mengandung ekstra temulawak bisa jadi obat anak susah makan yang sangat ampuh. Selamat mencoba, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Temulawak, Obati Anak Susah Makan"