Hati-Hati, Osteoporosis Adalah Pembunuh Diam-Diam, Simak di Sini!

penyakit tulang – Hai Bunda mungkin Anda familiar dengan penyakit tulang yang satu ini, yaitu penyakit osteoporosis. Penyakit ini lebih dikenal dengan istilah tulang yang mengalami pengeroposan. Kali ini kami katalogibu.com akan memberikan informasi mengenai penyakit osteoporosis dan penyebabnya. Penyakit osteoporosis ternyata dikenal sebagai pembunuh nomor 3 di dunia setelah jantung dan kanker, sehingga Anda sangat penting untuk mengetahui penyebab dari penyakit yang menyerang tulang ini.

Berikut ini adalah penyebab penyakit osteoporosis yang sudah diteliti secara medis dan yang tentunya Anda harus waspadai.

Kekurangan kalsium

Nutrisi utama untuk tulang adalah kalsium, sehingga jika tubuh kekurangan kalsium maka tentunya kekuatan dan kepadatan tulang akan terganggu sehingga dapat menyebabkan osteoporosis. Jadi jika seseorang kurang mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium di waktu muda, maka di waktu tua ia akan beresiko mengalami penyakit osteoporosis pada lansia.

 

Kekurangan Vitamin D

Tulang juga membutuhkan vitamin D untuk pembentukan tulang dan penyerapan kalsium. Namun sebenarnya kita bisa mendapat vitamin D dengan gratis lewat sinar matahari.

 

Gangguan Fisiologi

Faktor hidup yang tidak sehat bisa merusak dan menimbulkan gangguan fisiologi yang dapat mengurangi penyerapan kalsium pada tulang. Gaya hidup tak sehat itu misalnya mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok, gaya hidup tersebut sangat berpengaruh pada penyerapan kalsium yang maksimal.

 

Kafein

Mengonsumsi terlalu banyak kafein bisa melarutkan kalsium sehingga tubuh tidak dapat menerima asupan kalsium yang cukup. Kandungan kafein bisa ditemukan pada kopi, teh, dan soft drink.

 

Kurang bergerak

Karena malas untuk bergerak, kondisi tulang juga tidak terlatih sehingga mengalami penurunan massa tulang.

Itulah beberapa penyebab penyakit tulang yaitu osteoporosis yang paling sering terjadi pada banyak orang, untuk itu lakukanlah hal-hal berikut ini sebagai tindakan pencegahan terhadap penyakit osteoporosis. Karena tulang adalah penopang tubuh, jika Tulang mengalami kerapuhan maka Anda tidak akan bisa beraktivitas dengan baik.

Inilah cara mencegah penyakit osteoporosis :

  1. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak kalsium seperti susu dan keju. Namun ada banyak lagi makanan dengan sumber kalsium yang juga tinggi seperti yoghurt, brokoli, kacang kedelai, ikan salmon, wijen, jeruk, ikan sarden, sayur kale, kacang almond, dan masih banyak lagi.
  2. Lakukanlah olahraga secara teratur untuk memperkuat struktur tulang dan memperpadat tulang. Dengan melatih tubuh maka massa tulang akan bertambah dan semakin kuat.
  3. Kurangi mengonsumsi minuman yang mengandung kafein karena itu dapat mengurangi penyerapan kalsium.
  4. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D, dan seperti yang sudah dijelaskan bahwa sinar matahari bisa memenuhi vitamin D dalam tubuh secara gratis. Oleh karena itu jangan tutupi diri Anda dengan sinar matahari karena takut kulit menjadi gelap dan kering, Anda juga perlu sinar matahari untuk kebutuhan vitamin D bagi tulang.

Demikianlah informasi dari kami mengenai salah satu penyakit tulang yaitu osteoporosis beserta penyebab dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat dan selamat menjalani hidup sehat.

Baca Juga: Kenali Penyakit Lupus, Berbahaya & Belum Ditemukan Obatnya!

Konsumsi Makanan-Makanan Ini Agar Jantung Anda Sehat!

Inilah Cara Diet Sehat Setelah Ibu Melahirkan

author
No Response

Leave a reply "Hati-Hati, Osteoporosis Adalah Pembunuh Diam-Diam, Simak di Sini!"