Cara Memilih Susu Formula Untuk Anak

No comment 3222 views

susu bayiSusu Bayi – Walaupun susu formula pada umumnya berbahan dasar susu sapi, susu formula sangat berbeda dengan susu sapi murni. Susu formula anak mengandung banyak tambahan zat gizi yang sudah diukur dan disesuaikan dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap kelompok usia anak.

Sebaiknya orang tua tidak sembarangan mengganti merk susu formula tanpa berkonsultasi dengan DSA terlebih dahulu. Cukup banyak orang tua yang segera mengganti merk  begitu mengetahui anaknya kembung dan diare, padahal mungkin masalahnya bukan karena anak memiliki alergi pada lemak susu sapi tapi melainkan anak sedang terkena infeksi. Infeksi bisa didapat bayi dari botol susu, tutup botol dan dot yang tidak disterilisasi, juga akibat dari meminum susu formula yang basi.

Tips/cara memilih susu formula untuk anak

Sebelum memilih atau membeli susu formula untuk anak, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pilih yang kandungan nutrisinya paling lengkap.

Baca dulu kandungan nutrisi yang biasanya tertera pada luar kemasannya. Bandingkan dengan kandungan ASI (seperti tertulis di atas) lalu cari susu formula yang kandungannya paling mirip ASI. setidaknya komposisi dalam susu formula harus dapat menyamakannya dengan melihat beberapa komposisinya seperti dibawah ini :

  • AHA – Bermanfaat sebagai perangsang kecerdasan otak anak, dan juga bermanfaat untuk merangsang perkembangan syaraf mata sehingga mata bayi akan sehat.
  •  DHA – Bermanfaat hampir sama dengan AHA yaitu berfungsi untuk perkembangan otak dan juga matanya.
  •  LA – Bermanfaat untuk kesehatan mental dan juga perkembangan otak anak.
  • FOS dan GOS – Bermanfaat agar pencernaan bayi semakin sehat, karena bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta meningkatkan jumlah bakteri baik untuk tubuh dan mengurangi jumlah bakteri jahat yang terdapat didalam tubuh.
  •  Omega 3 dan omega 6 – Bermanfaat untuk kesehatan pertumbuhan fisik seperti rambut, kuku, kulit dan mencegah kerusakan sel.
  • Beta karotene dan Lactoferin – Bermanfaat sebagai anti oksidan dan untuk meningkatkan daya tahan serta kekebalan tubuh.
  • Kolin – Bermanfaat untuk mencegah membran sel agar tidak mudah bocor atau rapuh, sehingga proses peremajaan sel-sel dapat berjalan baik.

2. Harga yang mahal bukan jaminan susunya bagus.

Pilih harganya yang paling ekonomis di antara susu sejenis yang tersedia.

3. Kenali bayi Anda, sehingga bisa memilih susu yang cocok. Bila dia hiperaktif, beri susu yang sesuai agar tak menjadi semakin aktif dan akhirnya membuat tubuhnya kurus.

4. Jangan asal meniru orang lain dalam memilih susu formula. Sebab, reaksi bayi terhadap merek tertentu tak selalu sama. Bila reaksinya tidak bagus atau menyebabkan diare, hentikan segera.

5. Jangan menggonta-ganti susu formula, terutama bila anak mudah diare. Sering diare akan mengganggu pertumbuhan bayi.

6. Sesuaikan Dengan Usia Anak. Karena Usia anak pun juga sangat mempengaruhi jenis susu apa yang diminumnya.

Setiap kelompok usia membutuhkan komposisi gizi yang berbeda dengan kelompok usia lainnya. Karena kandungan gizi susu formula setiap anak beda dengan kandungan susu bayi terutama jumlah kalori serta proteinnya. Semakin tinggi usia anak, semakin banyak kalori yg dibutuhkan.

Apakah hanya anak-anak saja yang perlu minum susu? tidak.

Sampai usia dewasa, susu tetap harus dikonsumsi karena tetap dibutuhkan tubuh. Sebaiknya, orang dewasa minum susu dua kali sehari untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang tak akan tercukupi hanya dengan makan.

Kebutuhan orang dewasa akan susu sekitar 800 mg/hari, sedangkan anak-anak dan lansia 1200 mg/hari. Dalam satu gelas susu, terkandung 250-300 mg kalsium. Jika hanya mengandalkan makan, kebutuhan ini sulit tercapai, kecuali bila rajin makan ikan teri beserta tulangnya atau makan tulang rawan, seperti kikil.

author
No Response

Leave a reply "Cara Memilih Susu Formula Untuk Anak"