Tips Memilih Kasur, Bantal dan Guling Nyaman

No comment 3140 views

Tips Memilih Kasur, Bantal dan Guling Nyaman

Bantal Guling – Seberapa pentingkah arti keberadaan bantal buat kita? Dikatakan penting, memang penting, karena hampir sepertiga hidup kita (kurang lebih 6-8 jam sehari) dihabiskan di atas tempat tidur. Bagi orang sibuk, tidur berkualitas sangatlah penting, supaya ketika bangun badan kita lebih segar dan siap bekerja keras lagi. Tidur yang nyaman juga bisa menjadi obat stres dan bisa melupakan sejenak segala persoalan.

Ada beberapa tips yang bisa anda ingat untuk mempersiapkan tidur agar memperoleh kualitas tidur yang lebih baik, salah satunya yang akan kita bahas yakni dengan memilih kasur dan bantal guling yang sesuai.

Kasur adalah faktor penting yang ikut menentukan kualitas tidur Anda, sekaligus kondisi punggung dan postur tubuh Anda. Dalam memilih kasur, faktor utama yang harus diperhatikan adalah kenyamanannya. Kasur yang baik harus memenuhi syarat berikut:

  • Didesain sehingga titik berat tubuh tersebar merata di seluruh bagian tubuh yang bersentuhan dengan kasur. Jika berat badan terpusat di satu titik saja, darah tidak bisa mengalir lancar.
  • Dapat meredam gerakan tubuh saat tidur sehingga tidak mengganggu orang lain yang tidur dis ebelah Anda.
  • Dapat menopang lekuk alami tulang punggung dan menjaga susunan tulang punggung.Sebelum memilih kasur, cobalah berbaring dulu di atasnya. Jika Anda saat berbaring telentang atau miring, tubuh terasa menumpu pada satu titik (daerah pinggul dan bokong) berarti kasur tersebut tidak menopang tubuh dengan baik.

Kita mengenal berbagai jenis kasur, antara lain kasur kapuk, kasur busa, pegas/spring bed, dan juga lateks. Kasur kapuk kurang baik karena agak keras dan kurang dapat menopang lekuk tubuh. Debu kapuk pun dapat merangsang timbulnya alergi. Kasur busa biasanya terlalu empuk, tidak lentur dan tak bisa menopang tubuh. Kasur pegas dan lateks bisa dipilih, namun kualitas bahan dan pembuatannya juga harus diperhatikan. Kasur pegas akan berkurang daya pegasnya setelah beberapa lama.

Selain kasur, pemilihan bantal guling sebaiknya juga diperhatikan. Bantal amat dianjurkan untuk menopang tulang leher yang bersambung dengan tulang belakang (punggung). Beberapa ciri bantal yang baik sebagai berikut :

  • Bantal guling dapat menopang seluruh tulang belakang (dari leher hingga punggung) dalam satu garis lurus saat tidur miring.
  • Bantal guling dapat menopang kepala dengan baik.
  • Bantal guling menjaga kontur leher dan tulang punggung dengan baik.
  • Bantal guling mudah diatur agar ‘pas’ dengan lekuk leher dan kepala.
  • Bantal guling tidak menyebabkan alergi.

Nah, sekian dulu tips dari saya untuk mendapatkan kasur busa dan bantal guling yang baik. Harapan saya bisa bermanfaat buat sobat semua dan ke depannya sobat bisa memiliki tidur yang lebih berkualitas

 

author
No Response

Leave a reply "Tips Memilih Kasur, Bantal dan Guling Nyaman"