Tips Mengobati Flu bagi Ibu Hamil Tanpa Minum Obat

Cold-and-Flu-during-Pregnancy-Symptoms-Possible-Complications-and-Treatment-634x400

Penyakit flu bisa dibilang merupakan penyakit musiman yang umumnya muncul saat musim pancaroba. Anda dapat terserang penyakit flu ini selama puluhan kali dalam hidup Anda, namun tips mengobati flu yang paling termudah adalah mengalahkan penyakit tersebut dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, apabila Anda terserang penyakit flu pada saat hamil maka Anda wajib waspada.

Karena dibandingkan dengan wanita lain yang tidak hamil, kondisi stamina Anda berada pada titik yang sangat rendah sehingga penyakit sesepele penyakit flu dapat mengakibatkan dampak yang cukup fatal. Untuk mengobati flu bagi ibu hamil dengan menggunakan obat pun sedikit riskan karena pasti kandungan kimia dalam obat tersebut akan diresap oleh bayi Anda. Lalu bagaimana sebaiknya? Simak tips mengobati flu dari Katalog Ibu, yuk.

• Konsumsi Makanan yang Hangat dan Bergizi
Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghalau flu adalah dengan mengkonsumsi makanan hangat. Sup sayur tomat atau sup ayam dapat membantu menghangatkan tubuh Anda. Selain makanan hangat, Anda juga perlu memperbanyak asupan buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti buah jeruk, strawberry, pisang, dan buah-buahan dengan warna cerah lainnya.

• Olahraga dengan Teratur
Hanya karena Anda hamil, bukan berarti Anda menghindari olahraga sama sekali. Justru, olahraga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda lho Moms. Tentus aja yang dimaksud di sini bukan jenis olahraga berat seperti olahraga basket maupun olahraga ekstrim seperti panjat tebing.

Buat ibu hamil, olahraga sederhana dan ringan yang dapat Anda lakukan antara lain berjalan-jalan santai, yoga, senam aerobik, hingga senam kegel. Lakukan olahraga ringan tersebut kurang lebih selama 30 menit setiap hari, dijamin lambat laun flu yang Anda derita pun akan sembuh dengan sendirinya.

 
• Berkumur dengan Larutan Air Garam
Mungkin sekilas terdengar tidak masuk akal, tapi percayalah! Tips satu ini benar-benar manjur. Mungkin tidak banyak dari Anda yang tahu, bahwa virus flu juga bisa bersarang di rongga mulut Anda. Maka dari itu, untuk membunuh virus tersebut Anda perlu untuk berkumur dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan sejumput garam. Mulut Anda pun dijamin akan terasa lebih segar dan nyaman.

 
Demikianlah 3 tips mengobati flu untuk ibu hamil yang ampuh. Apabila setelah berbagai langkah pengobatan gagal dan flu Anda justru semakin parah dan disertai dengan gejala kesulitan bernapas, demam tinggi, hingga mengeluarkan dahak berwarna kuning atau hijau, maka Anda wajib segera memeriksakan diri ke dokter.

author
No Response

Leave a reply "Tips Mengobati Flu bagi Ibu Hamil Tanpa Minum Obat"