Usia Anak Sudah Beresiko Terkena Penyakit Jantung Lho, Waspadalah!

penyakit jantung pada anak

penyakit jantung – Hai Bunda, Anda tentu sudah sangat familiar tentang penyakit jantung bukan? Berdasarkan fakta dan data kesehatan, penyakit jantung adalah penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Dan yang lebih berbahaya lagi ternyata penyakit jantung bisa menyerang pada usia anak-anak. Tentu saja ini harus menjadi perhatian khusus untuk Anda sebagai orang tua dalam menjaga kesehatan jantung anak anda. Penyakit jantung pada anak ada beberapa jenisnya, ada yang memang penyakit jantung bawaan dari lahir. Ini disebabkan karena organ jantung pada saat janin masih berada dalam kandungan tidak terbentuk dengan sempurna.

Untuk mengetahui apakah seorang anak memiliki penyakit jantung sangat sulit, namun kami akan memberikan informasi mengenai cara mengenal gejala penyakit jantung pada anak sejak dini, agar bisa melakukan tindakan pencegahan atau perawatan. Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit jantung pada anak yang bisa Anda deteksi dan pantau :

  • Bila mengisap susu, bayi atau anak akan terlihat ngos-ngos an dengan menghembuskan nafas memburu serta berkeringat, sehingga anak sering berhenti untuk beristirahat untuk kembali mengisap susu.
  • Jika Anda sekarang memiliki anak yang sudah mulai besar, maka jika anak melakukan aktivitas fisik seperti berlari atau olahraga akan cepat lelah atau kehabisan energi. Ini merupakan indikasi anak tersebut memiliki penyakit jantung.
  • Ada warna biru pada bibir dan kuku jari tangan atau kaki pada anak yang menderita penyakit jantung. Tanda ini akan semakin kelihatan ketika anak menangis, atau ketika melakukan kegiatan fisik yang berat.
  • Sering terserang infeksi pada bagian pernapasan.

Selain itu Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis penyakit jantung pada anak, agar Anda mengetahui juga penanganan yang tepat pada jenis penyakit jantung tertentu.

Patent Ductus Arteiosus

Penyakit jantung ini disebabkan karena ada kelainan pada saluran yang menghubungkan pembuluh darah yang di aorta (pembuluh jantung terbesar) dan arteri pulmonalis. Jenis ini menyerang 5%-19 % untuk kasus penyakit jantung pada anak dan lebih sering ditemukan pada anak perempuan.

Atrial Septal Defects

Gejala dari penyakit jantung pada anak ini ditunjukkan dengan sesak nafas, cepat lelah, dan kemampuan melakukan aktivitas yang menurun.

Ventricular Septal Defects

VSD adalah penyakit jantung yang menempati presentase terbanyak yaitu 20%-25%, jenis ini dapat menimbulkan peningkatan aliran darah yang tidak normal menuju paru-paru yang pada akhirnya akan menyebabkan gagal jantung.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan agar Anda memiliki pengetahuan yang luas dan tepat akan gejala penyakit jantung pada anak sehingga Anda bisa mengetahui tindakan dan penanganan yang juga tepat. Untuk menjaga kesehatan jantung baik itu usia anak, remaja dan dewasa, baca di sini caranya serta artikel-artikel terkait lainnya!

Pelihara Kesehatan Jantung Dengan Makanan Sehat Berikut Ini!
Jenis Makanan Sehat Untuk Membersihkan & Menyehatkan Paru-Paru
Cegah Kanker Dengan Mengonsumsi Makanan Berikut Ini!

 

 

author
No Response

Leave a reply "Usia Anak Sudah Beresiko Terkena Penyakit Jantung Lho, Waspadalah!"