Usir Diare pada Ibu Hamil dengan Obat Alami Berikut!

Usir Diare pada Ibu Hamil dengan Obat Alami Berikut!

Obat diare untuk ibu hamil – Anda sedang terserang diare ketika hamil? Itu merupakan kasus yang sering terjadi pada ibu hamil. Hal ini karena pola makan ibu hamil yang sembarangan, seperti terlalu sering makan makanan yang pedas atau makanan yang manis. Diare sebenarnya bukan penyakit namun merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri yang menyerang saluran pencernaan Anda.

Diare yang berlebihan pada ibu hamil akan menyebabkan dehidrasi yang membahayakan untuk diri sendiri dan bayi. Dalam kasus diare yang terjadi pada ibu hamil ada yang bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari dan ada pula yang hingga harus dirawat di rumah sakit.  Sebelum melakukan pengobatan pada ibu hamil Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab diare pada ibu hamil :

  • Ibu hamil mengonsumsi obat

Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat untuk mengatasi sembelit dan obat penetral asam lambung akan dapat mengganggu keseimbangan usus yang akhirnya menyebabkan diare pada wanita hamil.

  • Minum susu berlebihan

Minum susu yang berlebihan dan tidak mengandung laktosa atau sedikit mengandung laktosa, maka tubuh akan sulit untuk mencernanya dan mengakibatkan usus tidak dapat beradaptasi yang kemudian menyebabkan diare.

  • Berubahnya hormon saat hamil

Meningkatnya produksi hormon yang pesat saat hamil akan membuat produksi asam lambung menjadi tergangu dan sistem pencernaan tubuh secara keseluruhan yang akan menjadi penyebab diare pada ibu hamil. Selain itu faktor diare pada wanita hamil bisa dipengaruhi karena membesarnya ukuran rahim yang membuat gerakan usus menjadi tersumbat, dan membuat bakteri dapat tumbuh dengan pesat dan akhirnya menyebabkan diare.

  • Tubuh terinfeksi

Tubuh yang terinfeksi oleh bakteri parasit dan virus seperti bakteri E. coli, salmonella, balantadium coli nentamoeba ritavirus dan adenovirus yang terdapat dalam bahan makanan yang dikonsumsi oleh manusia, menyebabkan tubuh akan mengalami diare.

Perlu Anda ketahui bahwa ibu hamil dilarang mengonsumsi obat sembarangan karena hal ini dapat membahayakan janin. Untuk itu berikut obat diare untuk ibu hamil yang alami dan dapat Anda racik sendiri di rumah.

Obat diare alami ibu hamil

1. Tanaman mucilaginous
Karena obat diare untuk ibu hamil ini bersifat alami maka dapat diambil dari tanam – tanaman. Salah satu tanaman yang cukup ampuh mengatasi diare pada ibu hamil yaitu tanaman mucilaginous. Tanaman ini memang kurang akrab di telinga Anda namun sangat efektif membantu menenangkan saluran pencernaan dan mengeluarkan bakteri penyebab diare. Agar lebih efektif penyembuhannya dianjurkan untuk mengonsumsi tanaman ini dengan memperbanyak asupan air.

2. Buah blueberry
Buah – buahan merupakan obat alami yang aman untuk ibu hamil, buah untuk mengatasi diare yang dimaksud adalah blueberry. Buah dari bangsa berry ini memiliki kandungan tanin yang mampu menahan cairan, blueberry juga kaya akan antosiani yaitu merupakan antioksidan yang kuat dan bersifat sebagai antibiotik. Dengan mengonsumsi buah berry ini diare akan cepat sembuh dan tidak perlu mengkhawatirkan janin Anda.

3. Teh chamomile
Dengan mengonsumsi teh chamomile sebanyak tiga kali sehari dipercaya dapat menyebuhkan diare ibu hamil karena chamomile mampu mengatasi peradangan yang terjadi di usus. Obat diare untuk ibu hamil ini terbukti sangat aman karena terbuat dari bahan alami.

4. Cuka apel
Walaupun rasanya yang asam ternyata cuka apel dapat mengobati diare karena kandungan cuka apel dapat melawan dan membunuh bakteri penyebab diare. Anda dapat membuat ramuan ini dengan menambahkan satu sendok makan cuka apel dalam gelas yang berisi air hangat, minumlah ramuan ini sebanyak tiga kali sehari.

Beberapa obat diare untuk ibu hamil di atas terbukti aman dan efektif untuk mengatasi diare. Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup karena diare membuat badan menjadi lemas. Baca juga : Panduan Lengkap Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "Usir Diare pada Ibu Hamil dengan Obat Alami Berikut!"