Wajib Tahu! Ini 3 Tanaman Obat Penurun Kolesterol

Tanaman Obat Penurun Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi memang sangat berbahaya untuk kesehatan sistem kardiovaskular Anda, sehingga sangatlah penting bagi Anda untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam darah Anda secara teratur. Jikapun Anda didiagnosis terkena kolesterol tinggi, bukan berarti hal itu menjadi akhir dunia. Kadar kolesterol, selama dalam kadar yang wajar tidak akan berbahaya untuk kesehatan Anda. Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa dari Anda mungkin lebih nyaman dengan menggunakan obat-obat kimia, tapi tidak ada ruginya juga untuk mencoba mengkonsumsi 3 tanaman obat penurun kolesterol berikut ini.

  • Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu tanaman obat penurun kolesterol yang paling manjur. Buah ini mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor dan nutrisi-nutrisi lainnya. Selain itu yang paling penting adalah kandungan asam lemak tak jenuh tunggal-nya yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan produksi kolesterol baik atau HDL.

Hanya saja, karena asam lemak masih terhitung sebagai lemak, Anda perlu berhati-hati mengkonsumsi buah ini dan hanya mengkonsumsinya dalam batas yang wajar.

  • Belimbing¬†

Buah belimbing manis juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol yang berlebih di dalam darah. Kandungan serat di dalam buah ini dapat mencegah terjadinya proses penyerapan lemak sehingga secara otomatis jumlah kadar lemak yang ada di dalam darah pun semakin rendah. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C di dalam buah belimbing juga berguna untuk membantu menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penuaan dini dan kanker.

  • Bawang Putih

Tanaman rempah-rempah yang memiliki bau tajam ini ternyata memiliki khasiat lain selain menjadi obat kanker, yaitu sebagai solusi alami untuk menurunkan kadar kolesterol. Menurut beberapa penelitian, seseorang yang mengkonsumsi satu gram bawang putih mentah secara rutin, maka ia akan mengalami penurunan kolesterol sebesar satu setengah gram.

Dengan kata lain, semakin banyak konsumsi bawang putih setiap harinya, maka semakin rendah pula resiko Anda terkena kolesterol tinggi. Hanya saja, bawang putih hanya terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat saja, sehingga Anda perlu mengimbanginya dengan konsumsi makanan alami lain yang dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL).

Semoga informasi mengenai tanaman obat penurun kolesterol ini bermanfaat bagi Anda, Ladies.

author
No Response

Leave a reply "Wajib Tahu! Ini 3 Tanaman Obat Penurun Kolesterol"