Wajib Tahu! Ini Tahapan Imunisasi Difteri

Wabah difteri yang sudah sangat lama tidak didengar kabarnya sejak puluhan tahun yang lalu kini bangkit kembali. Dalam sekejap, wabah penyakit pernapasan ini merenggut nyawa puluhan jiwa anak-anak dan ratusan lainnya masih berusaha keras melawan penyakit tersebut. Penyakit yang sebenarnya sudah hampir kita taklukkan ini muncul kembali gara-gara banyak orangtua yang tidak mendaftarkan imunisasi difteri lengkap untuk anaknya. Sekaligus disebabkan kurang menyeluruhnya sosialisasi tentang betapa pentingnya melengkapi tahapan imunisasi difteri untuk perlindungan maksimal dari penyakit.

Vaksin difteri bukan jenis vaksinasi yang cukup diberikan sekali saja. Ada tahapan imunisasi difteri yang wajib dilalui oleh anak Anda. Vaksinasi difteri pertama dimulai saat anak Anda masih berusia 18 bulan, ia nanti akan menerima jenis vaksinasi DPT-HB-Hib. Vaksinasi tersebut dibagi menjadi 3 bagian yang akan diberikan pada si kecil secara berharap.

Selanjutnya, saat ia duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 1 ia wajib menerima booster vaksin DT yang diberikan di Bulan November. Ketika si kecil duduk di bangku kelas 2 SD, ia kembali menerima satu dosis vaksin Td di bulan yang sama. Pemberian vaksin selanjutnya akan diberi jeda hingga nanti ia akan menerima vaksin Td terakhir saat ia duduk di bangku SD kelas 5. Selama tahapan pemberian vaksin difteri lengkap, anak Anda akan memiliki tameng imun yang jauh lebih kuat dalam melawan penyakit difteri.

Pemberian vaksinasi yang ideal dimulai sejak anak Anda berusia 2 tahun hingga usia 18 tahun. Dan setelah itu, alangkah baiknya untuk menerima vaksinasi booster selama setiap 10 tahun untuk membantu memperkuat efektivitas vaksin dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Penyakit difteri tidak hanya menyerang anak-anak saja, Bunda. Jika saat kecil Anda tidak menerima vaksinasi difteri secara lengkap, atau malah tidak menerima vaksin difteri sama sekali, Anda memiliki resiko besar terserang difteri. Untungnya, tidak ada kata terlambat. Anda masih dapat menerima vaksin difteri di usia Anda saat ini.

Vaksin difteri orang dewasa menggunakan jenis vaksin Td/Tdap. Vaksin Td/Tdap adalah jenis vaksin DPT yang dimodifikasi sehingga mengalami reduksi atau pengurangan antigen dan pertusis. Dibandingkan dengan jenis vaksin yang Anda terima saat masih kecil, vaksinasi jenis ini menggunakan komponen pertusis aseluler atau bakteri pertusis non-aktif. Sehingga efek samping demam setelah vaksinasi dapat dikurangi.

Demikianlah beberapa tahapan imunisasi difteri yang wajib banget Moms ketahui. Semoga inforamsi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Wajib Tahu! Ini Tahapan Imunisasi Difteri"