Waspada! Ini Cara Atasi Infeksi TORCH Pada Ibu Hamil

cara atasi infeksi TORCHLadies, apakah Anda pernah mendengar istilah infeksi TORCH? Mungkin Anda cukup sering mendengar istilah tersebut, terutama di kalangan para ibu hamil. Akan tetapi sebenarnya apakah TORCH itu, dan bagaimana cara atasi infeksi TORCH pada ibu hamil?

Sebelum Anda melompat ke cara atasi infeksi TORCH pada ibu hamil, ada baiknya Anda mengetahui secara sekilas apakah infeksi TORCH itu. Infeksi TORCH, adalah infeksi kandungan yang disebabkan oleh empat jenis protozoa dan virus, yaitu Toxoplasma Gondii yang mengakibatkan penyakit Toksoplasma, Rubella, Cyto Megalo Virus, dan Herpes Simplex Virus. Virus TORCH dapat menyerang siapapun, baik pria maupun wanita, walaupun kaum wanita terutama ibu hamil memiliki resiko yang jauh lebih besar.

TORCH dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesuburan pada pria maupun wanita sehingga mempersulit terjadinya kehamilan. Selain itu, jika infeksi ini menyerang ibu hamil, besar kemungkinan ia juga akan menyerang janin sehingga mengakibatkan janin mengalami kecacatan maupun kelainan syaraf hingga janin mengalami kematian dini yang juga disebut dengan keguguran.  Baca juga: Ini Lho Manfaat Dari Ibu Menyusui Suami

Berbeda dari infeksi-infeksi virus pada umumnya, virus TORCH tidak menimbulkan gejala-gejala kesehatan sehingga satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda telah terserang infeksi ini adalah dengan menjalani serangkaian tes laboratorium. Pengambilan tes tersebut  tentu sangat berguna baik bagi sang ibu maupun janin, karena dengan pendeteksian dini resiko penularan virus TORCH dari ibu ke bayi dapat ditanggulangi.

Tes TORCH terbagi atas dua metode, yaitu metode pengambilan serum darah dan pengambilan sample air ketuban. Anda dapat memilih salah satu dari metode tersebut, walaupun akhir-akhir ini diketahui bahwa tes dengan menggunakan air ketuban memberikan hasil yang jauh lebih akurat dibandingkan dengan tes darah. Idealnya, Anda dan pasangan wajib melakukan tes TORCH sebelum Anda menjalani program kehamilan, namun jika Anda sudah terlanjur hamil sebelum melakukan tes TORCH, maka tes ini dapat dilakukan saat usia kehamilan mencapai trimester pertama.

Dan kira-kira hal apakah yang bisa dilakukan sebagai cara atasi infeksi TORCH pada ibu hamil selain melakukan serangkaian tes TORCH? Solusinya adalah dengan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi serta suplemen-suplemen bernutrisi. Dengan daya antibodi yang kuat, tubuh Anda akan dapat membentuk zat antibodi sendiri yang menyebabkan tubuh Anda menjadi kebal terhadap virus dan bakteri TORCH.  Akan tetapi, pemeriksaan laboratorium tetaplah dibutuhkan untuk mengecek sudahkah tubuh Anda membentuk sistem antibodi terhadap virus-virus tersebut

author
No Response

Leave a reply "Waspada! Ini Cara Atasi Infeksi TORCH Pada Ibu Hamil"