Waspada! Ternyata Inilah Penyebab Kanker Payudara!

Penyebab Kanker Payudara – Sebenarnya hingga saat ini penyebab dari pertumbuhan kanker payudara masih belum diketahui secara pasti, Moms. Nah, itulah alasannya kenapa masih cukup sulit mendeteksi apa seorang wanita lebih berisiko terhadap kanker payudara dibandingkan wanita yang lain. Namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemungkinan seseorang terkena kanker payudara.

Tentunya ketika seorang wanita mendengar vonis, bahwa dirinya memiliki kanker payudara, adalah hal yang wajar menanyakan apa yang menyebabkan dia mengalami ini semua. Yang pasti timbulnya kanker payudara adalah karena terjadinya kerusakan sel DN, Moms. Biasanya pertumbuhan kanker payudara dimulai pada lapisan dalam saluran susu. Berikut ini hal wajib tahu tentang kanker payudara!

  • Faktor usia

Risiko pertumbuhan kanker payudara berkaitan erat dengan usia, Moms. Wanita yang berusia di atas 50 atau yang telah melalui masa menopause, lebih berisiko terkena kanker payudara. Dari 10 kasus kanker payudara, 8 di antaranya dialami wanita di atas 50 tahun, Moms.

  • Sejarah keluarga

Jika Anda memiliki kerabat dekat yang memiliki kanker payudara atau kanker ovarium, risiko Anda kena kanker payudara menjadi lebih besar. Meskipun hal ini belum dapat dipastikan, namun gen atau faktor keturunan memiliki peranan besar terhadap risiko kanker payudara.

  • Hormon estrogen

Adanya hormon estrogen pada tubuh wanita terkadang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Mendapatkan masa menstruasi terlalu dini atau lambat, melahirkan di usia tua meningkatkan risiko pertumbuhan sel-sel kanker payudara pada wanita.

  • Berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas juga masuk ke dalam salah satu penyebab kanker payudara yang tak diketahui banyak orang, Moms. Hal ini lebih mungkin disebabkan oleh jumlah estrogen yang ada di dalam tubuh Anda. Obesitas setelah menopause meningkatkan produksi estrogen.

  • Minum alkohol

Risiko pertumbuhan kanker payudara akan semakin meningkat sesuai dengan jumlah alkohol yang Anda konsumsi, lho, Moms. Berdasarkan penelitian, setiap 200 wanita yang meminum 2 gelas alkohol sehari, setidaknya 3 di antaranya berisiko terkena kanker payudara.

  • Pil kontrasepsi

Berdasarkan penelitian, ditunjukkan wanita yang rutin mengonsumsi pil kontrasepsi memiliki risiko pada pertumbuhan sel-sel kanker payudara, lho, Moms. Dan menurut penelitian terhadap pertumbuhan sel kanker payudara, risiko tersebut berkurang ketika Anda berhenti meminum pil kontrasepsi.

Nah, itulah beberapa penyebab kanker payudara yang harus Anda waspadai, Moms. Karena apabila sel kanker payudara sudah tumbuh, akan sangat mudah menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.

author
No Response

Leave a reply "Waspada! Ternyata Inilah Penyebab Kanker Payudara!"