Waspadai! Gejala dan Penyebab Kanker Sarkoma Ewinng

Katalogibu – Kanker sarkoma ewing adalah jenis penyakit yang menyerang bagian tulang maupun jaringan lunak di sekitar tulang pada anak di usia 10-20 tahun, dan kebanyakan orang ras berkulit putih (kaukasoid) yang terkena penyakit tersebut. Kanker ini memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi.

Sebanyak 87 persen sarkoma ewing, biasanya menyerang bagian tulang paha, panggul, iga, maupun tulang bahu, walau tidak menutup kemungkinan muncul pula di tulang manapun. Ada banyak sebab yang membuat kanker ini muncul, namun dugaan utama penyakit tersebut adalah mutasi genetik akibat perubahan kromosom.

Namun sejauh ini diketahui bahwa sarkoma ewing tidak terkait dengan paparan radiasi, senyawa kimia, atau faktor lingkungan lain. Penyakit ini umumnya terjadi pada tulang yang mengalami pertumbuhan cepat. Teori ini terkait dengan pasien kanker yang umunya merupakan anak-anak atau remaja dalam masa puber. Akan tetapi faktor-faktor tersebut umumnya terakumulasi hingga bertahun-tahun sebelum dapat meningkatkan risiko sarkoma ewing secara signifikan.

Jika seseorang terkena sarkoma ewing, terutama pada anak-anak gejala yang dapat muncul umumnya adalah:

  • Nyeri bengkak dan kaku didaerah tulang, dan munculnya tumor selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Pada anak-anak gejala ini disalah artikan sebagai cedera akibat olahraga atau aktivitas fisik lainnya.
  • Munculnya benjolan di kulit yang terasa hangat dan lunak ketika disentuh
  • Suhu tubuh rendah selam berhari-hari. pada beberapa kasus, pasien akan menderita demam tinggi
  • Sulit berjalan akibat nyeri kaki
  • Patah tulang tanpa sebab yang jelas
  • Kehilangan berat badan dan mudah lelah
  • Paralisis atau kehiangan kontrol atas kandung kemih jika sarkoma ewing terjadi pada tulang belakang

Pada kasus yang langka, sarkoma ewing dapat berkembang tanpa diiringi gejala-gejala tersebut (asimptomatik). Namun seiring dengan berkembangnya kanker, jaringan tulang akan melemah sehingga mudah patah (fraktur). Seperti pada jenis kanker lainnya, jika kanker dapat terdeteksi sesegera mungkin, maka akan lebih mudah untuk disembuhkan.

Lalu bagaimana dengan pengobatannya? Apa jenis terapi yang diberikan untuk pasien ini dalam ilmu kedokteran? Terapi yang diberikan bsama seperti kanker lain yaitu, kemoterapi yang bertujuan untuk memperkecil ukuran tumor sebelum tumor tersebut diradiasi atau diangkat dengan cara operasi.

Itulah sedikit ulasan tentang kanker sarkoma ewing Semoga bermanfaat dan dapat mengurangi risiko kanker yang terjadi selalu waspada terhadap segala jenis penyakit, lakukan tindakan pencegahan yang tepat.

author
No Response

Leave a reply "Waspadai! Gejala dan Penyebab Kanker Sarkoma Ewinng"