Waspadai Infeksi Akibat Cakaran Atau Gigitan Kucing!

gambar27

infeksi akibat gigitan kucing – Infeksi yang disebabkan cakaran atau gigitan kucing merupakan infeksi bakteri yang menyebabkan kelenjar getah bening. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah bakteri bartonella henselae dan hidup didalam ludah kucing. Bayi kucing yang baru lahir pun sudah membawa bakteri ini didalam tubuhnya selama berhari – hari bahkan sampai berbulan – bulan.

Bakteri ini menyebar dari kucing satu ke kucing lainnya dengan perantara kutu. Untuk penyebaran ke manusia bisa dengan perantara melalui gigitan atau cakaran kucing. Bagaiman cara penyebaran bakteri ini melalui cakaran kucing ? Jawabannya adalah pada saat kucing menjilat – jilat cakarnya maka bakteri tersebut akan iku menempel di cakarnya begitu pun jika kucing menjilati bulunya maka bakterinya juga akan menempel dibulunya.

Berikut adalah gejala dan tanda – tanda infeksi akibat gigitan kucing yang perlu anda waspadai :

Gejala dan cara pencegahan infeksi cakaran atau gigitan kucing

  • Gejala

Benjolan kecil biasanya akan muncul 3 – 10 hari setelah terkena cakaran atau gigitan kucing. Para orang tua sering kali menganggap bahwa luka bekas cakaran atau gigitan kucing pada anak tidaklah berbahaya. Padahal benjolan tersebut merupakan tempat yang paling mudah untuk bakteri masuk ke dalam kulit. Dalam waktu 1 – 4 minggu satu atau bahkan lebih kelenjar getah bening yang dekat dengan benjolan maka bakteri akan masuk dan membengkak. Contohnya adalah jika bakteri masuk melalui luka pada lengan maka kelenjar getah bening yang ada disiku atau lengan akan membengkak.

Pembengkakan paling sering terjadi pada ketiak atau leher walaupun bekas gigitan atau cakarannya ada dikaki. Bengkak ini bisa mencapai ukuran sebesar 5cm dan bisa menjadi hangat dan merah bahkan hingga mengelurkan cairan nanah. Kelenjar getha bening dapat hilang dalam waktu 2 – 4 bulan dan juga bisa dengan waktu yang lebih lama. Untuk meringankan rasa sakit anda dapat mebgkompres pada bagian yang bengkak dan juga memberikan obat penghiang rasa sakit .

Bagi anak – anak yang terinfeksi gejala getah bening merupakan gejala utama dan tidak terlalu parah. Gejala umum pada anak juga seperti demam, kehilangan nafasu makan, dan kepala terasa sakit.

  • Cara pencegahan

– Jauhkanlah anak anda dari kucing liar sehingga bisa meminimalisir penyebaran bakteri

– Beritau anak anda agar tidak bermain terlalu kasar dengan kucing peliharaannya sehingga kucing tersebut tidak sampai menggigit atau mencakar si buah hati

– Cuci tangan anak anda setelah memegang atau bermain dengan kucing

– Bila anak anda terkena cakaran cuci bagian yang terkena cakaran dengan air dan sabun hingga bersih

– Sering – seringlah membersihkan tempat peliharaan kucing anda agar terbebas dari kutu dan bisa mengurangi untuk penyebaran bakteri

– Apabila kucing peliharan anda terinfeksi bakteri segera bawa kedokter hewan agar mendapat penanganan yang lebih baik

Nah itulah beberapa gejala dan cara pencegahan infeksi akibat gigitan kucing yang wajib para orang tua ketahui. Jagalah kebersihan rumah dan tempat peliharaan kucing anda agar terbebas dari penyebaran bakteri dan kutu yang bisa membahayakan kesehatan keluarga anda. Baca juga yuk Cara Menghindarkan Virus Ebola Dari Keluarga

 

 

author
No Response

Leave a reply "Waspadai Infeksi Akibat Cakaran Atau Gigitan Kucing!"