Waspadai & Kenali Gejala Penyakit Tipus Pada Anak!

tipes pada anak

gejala tipes – Hai Bunda, sebagai ibu yang baik Anda tentu tidak ingin buah hati Anda terserang penyakit berbahaya bukan? Untuk melakukan penanganan yang cepat dan tepat terhadap penyakit maka Anda tentu harus mengetahui penyakit apa yang sedang menyerang melalui gejala-gejalanya. Jika bunda terlambat untuk mengetahui gejala atau tanda penyakit tersebut, maka penyakit yang diderita anak akan menuju ke tingkat yang lebih berat.

Ada salah satu penyakit yang cukup berbahaya yang sering menyerang manusia. Penyakit ini bernama Rickettsia, atau yang sering kita kenal dengan nama tipes/typhus/tifus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Rickettsiae. Proses penyebaran ini terjadi karena disebarkan oleh hewan anthropoda seperti kutu, tungau, dan caplak. Tipes memiliki 3 jenis utama yaitu : Tipes Epidemik, Tipes Endemik, Tipes Belukar.

Hal penting yang wajib bunda ketahui mengenai gejala tipes adalah apa yang terjadi pada anak jika terkena penyakit ini dan tentu saja gejala tipes pada anak yang akan membantu bunda untuk melakukan tindakan pengobatan yang cepat dan tepat pada anak. Mari simak di sini informasinya mengenai gejala tipes pada anak.

Penyakit tipes dan gejalanya

  1. Gejala sakit tipes yang timbul pada penderita tipes hampir sama dengan gejala penyakit demam berdarah, yaitu akan mengalami demam yang sangat tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius, dan tentu saja penderita akan mengalami sakit kepala yang hebat sehingga tubuh menjadi lemah.
  2. Gejala berikutnya adalah penderita akan mengalami sakit perut, mual dan muntah-muntah. Biasanya ada kesalah pahaman tentang penyakit maag, karena sakit pada bagian perut yang terjadi pada maag adalah pada ulu hati, sedangkan pada tipes sakitnya pada bagian usus 12 jari yang sedang mengalami infeksi.
  3. Perhatikan pada bagian lidah, jika lidah berwarna putih pada bagian tengah maka bisa dipastikan bahwa itu adalah tanda bahwa ia sedang mengalami sakit tipes. Jika lidahnya dijulurkan maka lidahnya akan bergetar.
  4. Tipes juga menyerang sistem pencernaan tubuh, sehingga gejala typus juga muncul dengan diare yang dialami oleh penderita, namun juga bisa mengalami hal yang sebaliknya yaitu susah BAB. Hal ini menyebabkan rasa sakit pada perut dan jika mengalami diare pasti tubuh akan menjadi lemas.

Jika tadi Anda sudah mengetahui gejala yang timbul pada sakit tipes maka kini Anda perlu mengetahui penyebab penyakit tipes bisa tertular agar bunda bisa waspada akan penyakit ini.

Cara Penularan Penyakit Tipes

  1. Bakteri Salmonella akan mengontaminasi pada makanan atau minuman, sehingga ketika dikonsumsi bakteri tersebut akan menuju aliran darah dan usus dan kemudian melakukan infeksi.
  2. Penyakit tipes juga bisa menularkan penyakitnya jika misalnya ia menyentuh barang-barang tertentu seperti piring dan gelas, maka orang lain yang menggunakan piring dan gelas tersebut bisa tertular jika piring dan gelas itu tidak dibersihkan dengan maksimal.

Demikianlah informasi mengenai gejala dan proses penularan pada gejala tipes. Selalu waspada agar buah hati Anda tidak mengalami sakit yang berkelanjutan dan lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda yang berguna pada dunia kesehatan. Jika anda ingin mengetahui mengenai penyakit tipes dan pengobatannya, serta obat penyakit tipes yang ampuh, dan hal-hal lain mengenai penyakit tipes pada anak, silahkan klik link nya di sini!

Cara Tepat Mencegah Dan Mengobati Typhus

author
No Response

Leave a reply "Waspadai & Kenali Gejala Penyakit Tipus Pada Anak!"