Kenali Penyakit Hepatitis Lebih Dalam & Waspadai Gejalanya!

penyakit hepatitis – Hai Bunda, Anda mungkin sering mendengar tentang penyakit berbahaya yang satu ini, yaitu hepatitis. Namun mungkin Anda belum benar-benar mengerti mengenai penyakit hepatitis itu apa, penularan penyakit hepatitis itu bagaimana terjadinya, ciri-ciri penyakit hepatitis itu seperti apa, dan lain sebagainya. Baiklah, kini kami akan mengulas informasi seputar penyakit hepatitis untuk Anda supaya Anda dapat mewaspadai penyakit berbahaya yang satu ini. Agar Anda dan keluarga dapat melakukan tindakan pencegahan dan penanganan yang tepat akan penyakit satu ini.

Mari kita mulai dengan mengenal terlebih dahulu apa itu penyakit hepatitis. Hepatitis adalah penyakit yang menyerang fungsi hati, hepatitis sering disamakan dengan penyakit liver. Ya memang dari segi bagian tubuh yang diserang memang sama, namun kedua penyakit ini sebenarnya berbeda dari sisi penyebabnya dan dampak yang ditimbulkan. Penyebab hepatitis adalah infeksi virus dan bakteri terhadap hati, sedangkan liver tidak disebabkan oleh infeksi virus, namun memang juga mengalami peradangan pada organ hati.

Penularan Penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis bisa menyerang siapa saja termasuk usia anak-anak, bahkan bayi yang berumur 0-12 bulan pun bisa terjangkit penyakit ini. Bagaimana sebenarnya penyakit ini dapat menyerang? Seperti yang sudah dijelaskan bahwa penularan penyakit hepatitis disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, dan itu dapat terjadi ketika kondisi tubuh yang lemah, sehingga kekebalan tubuh juga menurun. Penularan penyakit hepatitis ini juga terjadi berdasarkan jenis-jenis penyakit hepatitis itu sendiri. Berikut ini adalah daftar jenis penyakit hepatitis:

  1. Hepatitis A

Hepatitis jenis ini ditularkan pada umumnya melalui kotoran yang terdapat di sekeliling kita. Virus hepatitis A ini juga sering ditemukan pada makanan dan minuman yang tidak higienis atau sudah tercemar dengan berbagai kotoran, jadi hepatitis inilah yang mudah terjangkit karena sumber penularannya paling mudah untuk terjadi.

Kondisi penderita penyakit Hepatitis A

  1. Hepatitis B

Penyakit hepatitis B disebabkan karena penularan melalui darah, jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan kontak melalui darah bisa menjadi penyebab dari hepatitis B. Seperti transfusi darah, pemakaian jarum suntik, luka pada bagian tubuh tertentu, dll bisa menjadi ruang untuk tertularnya penyakit hepatitis B.

Salah satu dampak dari infeksi virus hepatitis B

  1. Hepatitis C

Sama dengan hepatitis B, hepatitis C juga ditularkan melalui darah. Berdasarkan data, orang terkena penyakit hepatitis C biasanya tertular melalui jarum suntik. Jadi penularan dari hepatitis C bisa terjadi dengan sangat cepat.

Nah setelah mengetahui sebagian besar mengenai penyakit hepatitis dan jenisnya maka kini kita beralih kepada ciri-ciri penyakit hepatitis. Sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri dari penyakit ini, agar Anda bisa melakukan tindakan yang cepat dan tepat jika memang sudah terjangkit oleh virus penyakit ini. Sebenarnya gejala hepatitis hampir sama dengan penyakit yang disebabkan oleh virus lainnya, umumnya akan terjadi demam, karena demam sebenarnya adalah proses saat tubuh hendak mematikan penyakit itu dengan suhu tubuh yang panas.

Pasien Penderita Hepatitis C

Namun ada tanda-tanda lain yang menyertai seperti:

  • Pusing hingga tidak bisa bangun dari posisi berbaring
  • Nyeri pada bagian sendi, bukan karena rematik damun karena virus itu yang telah menyerang bagian sendi, kemudian penderita akan mengalami kesulitan untuk menggerakkan badan karena sakitnya persendian tersebut.
  • Sakit perut yang tidak biasanya terjadi. Jadi ketika tidak disentuh bagian perut penderita, maka penderita tidak akan merasakan apa-apa, tetapi jika disentuh sedikit saja, maka akan sangat sakit.

Kondisi perut pada penderita hepatitis yang sudah sangat akut

  • Urin berubah warna menjadi lebih gelap atau pekat dari warna biasanya ketika kondisi tubuh sehat/normal
  • Ini adalah gejala yang paling mudah untuk dikenali sebagai tanda orang itu menderita hepatitis yaitu mata dan kulit yang berubah menjadi warna kekuningan, ini adalah gejala terparah ketika orang tersebut terjangkit penyakit hepatitis.

Mata yang berubah warna kekuningan yang menjadi gejala hepatitis

Penyakit hepatitis bisa menyebabkan kematian, oleh karena itu Anda harus waspada terhadap penyakit satu ini dengan metode pencegahan yang tepat. Tapi jika memang sudah terjangkit maka Anda perlu melakukan tindakan pengobatan. Kami juga memberikan info mengenai penyakit hepatitis dan pengobatannya. Silahkan baca link nya di sini!

Kami juga memiliki info kesehatan lainnya Bunda, silahkan klik link di bawah ini!

Inilah Pencegahan & Pengobatan Alami Yang Ampuh Untuk Hepatitis!

Sayangi Jantung Anda Dengan Mengonsumsi Makanan-Makanan Ini!aaa

Waspadai Anak Terhadap Penyakit Malaria! Kenali Gejalanya Di Sini!

 

author
No Response

Leave a reply "Kenali Penyakit Hepatitis Lebih Dalam & Waspadai Gejalanya!"