Waspadai Penyakit Kawasaki Pada Anak !

No comment 887 views

1180762

waspadai penyakit kawasaki – Gejala penyakit kawasaki sangatlah mirip dengan campak . Namun apabila terlambat ditangani akibatnya bisa sangat fatal bagi buah hati . Mereka bisa terserang serangan jantung .  Penyakit kawasaki pertama kali ditemukan oleh Tomisaku Kawasaki dari Jepang pada tahun 1967 . Di Indonesia sendiri pun banyak yang masih belum memahami tentang penyakit kawasaki ini bahkan dikalangan medis pun .

Di Indonesia setidaknya ada 5000 kasus penyakit kawasaki setiap tahunnya . Sekitar 20 – 40 persennya mengalami kerusakan pada pembuluh koroner jantung . Penyakit kawasaki ini biasanya banyak diderita pada anak berusia dibawah 5 tahun yang menyebabkan aneurisma dan penyumbatan di dalam pembuluh darah . Penyebab penyakit kawasaki ini masih belum diketahui meski diduga kuat akibat suatu infeksi .

Tentang Penyakit Kawasaki

  • Gejala awal penyakit kawasaki

1. Timbul demam dan rewel

Demam timbul cepat dan naik turun dari yang sedang (101 – 104 F) sampa mencapai yang tinggi (di atas 104 F) akan nampak kelenjar getah bening disalah satu sisi leher dan membengkak .

2. Ruam atau bercak merah

Warnanya sering merah terang, dapat berbatas tegas dan berbagai ukuran menyatu besar . Demam naik turun selama 3 minggu . Peradangan pada mata atau mata merah biasanya tanpa ada kotoran dan timbul pada hari pertama saat merasa sakit .

3. Lidah menjadi dan timbul bintil – bintil

Biasa dikenal dengan lidah stroberi karena mirip dengan biji pada buah stroberi . Bibir menjadi kering, pecah dan sering berwarna merah . Waspadai penyakit kawasaki pada anak – anak . Dan yang selanjutnya selaput lendir mulut menjadi lebih merah .

4. Telapak tangan dan telapak kaki menjadi merah

Tangan dan kaki si penderita akan terlihat membengkak . Kadang – kadang terjadi leher kaku . Akibat gejala seperti ini anak akan rewel dan merasa tidak nyaman .

  • Komplikasi penyakit kawaski

Peradangan arteri koroner yaitu arteri yang membawa darah ke jantung . Gagal jantung . Infark miokardium yaitu kematian otot – otot jantung . Meningitis aseptik yaitu peradangan non infeksius pada selpaut otak . Peradangan kandung empedu dan diare . Peradangan sendi terutama pada sendi – sendi kecil . Peradangan kantung jantung atau yang sering disebut dengan perikarditis . Dan pelebaran otot jantung .

Itulah beberapa informasi tentang penyakit kawasaki . Waspadai penyakit kawasaki pada anak anda ! Baca juga Kenali 4 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Balita 

author
No Response

Leave a reply "Waspadai Penyakit Kawasaki Pada Anak !"