Waspada Dampak & Bahaya Akibat Kurang Tidur!

No comment 778 views

begadang

akibat kurang tidur – Istilah begadang adalah kebiasaan yang mengurangi waktu tidur istirahat di malam hari. Jadi simpelnya begadang adalah kebiasaan yang membuat waktu tidur menjadi berkurang. Berbagai orang memiliki alasan masing-masing untuk begadang, ada yang memang mengerjakan pekerjaan yang menumpuk dan harus diselesaikan saat itu juga, ada yang karena memang tidak bisa tidur sehingga melakukan aktivitas lain seperti menonton TV, bermain game, membaca buku dan lain sebagainya.

Tidur adalah aktivitas yang harus atau wajib dipenuhi oleh setiap manusia, karena tidur sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, sehingga jika waktu tidur tidak terpenuhi dengan baik maka akan timbul masalah-masalah kesehatan yang bermacam-macam. Apa saja akibat kurang tidur dan dampaknya bagi kesehatan? Sebelum mengulas dampak atau akibat kurang tidur, mari kita telusuri dulu manfaat tidur malam atau mengapa kita harus tidur malam dengan waktu yang maksimal.

Saat tidur tubuh kita akan memperbaiki sel-sel yang rusak dan menggantinya dengan sel-sel yang baru, sehingga jika terjadi kerusakan sel dalam tubuh, maka tubuh akan menghasilkan sel-sel baru saat kita tidur. Tidur juga berfungsi untuk mengembalikan energi yang sudah terpakai saat kita beraktivitas, energi adalah sumber kekuatan untuk kita beraktivitas, jika tidak ada energi tentu saja kita akan merasa lemas dan daya tahan tubuh juga akan turun.

Sama dengan jika kita memakai alat elektronik namun tidak pernah di cas atau diistirahatkan maka alat itu bisa rusak, itu pula yang terjadi pada tubuh, jika tidak pernah diistirahatkan atau kurang waktu istirahat maka organ-organ akan mengalami kerusakan. Kemudian berikutnya tidur juga berfungsi untuk detoksifikasi tubuh, detoksifikasi adalah proses untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, dan itu terjadi saat kita tidur malam, kemudian racun itu akan dikeluarkan dalam proses ekskresi atau pembuangan zat sisa kotoran dalam tubuh.

Itulah manfaat tidur malam yang menunjukkan pentingnya mengapa kita harus tidur malam, nah sekarang sebaliknya apa yang terjadi ketika kita kurang tidur? Simpel saja, ulasan mengenai manfaat tidur di atas akan menjadi kebalikannya. Artinya adalah sebagai berikut:

  1. Ketika kurang tidur maka proses detoksifikasi tidak akan berjalan, dan tubuh Anda akan tertumpuk oleh racun, sehingga tubuh Anda beresiko untuk terserang berbagai macam penyakit. Bahkan penyakit-penyakit yang berbahaya seperti kanker, jantung koroner, dan lain-lainnya. Karena ketika orang kekurangan istirahat maka tekanan darah menjadi tidak stabil dan menyebabkan jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras.
  2. Tubuh anda akan sering lemas karena kekurangan energi dan tenaga, sehingga aktivitas Anda akan terganggu, daya konsentrasi akan juga menurun sehingga orang yang kurang tidur akan sering tidak fokus dan sering “mengawang”.
  3. Daya tahan tubuh yang menurun juga akan membuat badan kita rentan terhadap virus dan bakteri, sehingga jangan heran tiba-tiba Anda akan jatuh sakit.
  4. Kurang tidur juga dapat menyebabkan obesitas lho, karena dengan begadang maka nafsu makan menjadi tidak terkontrol dan menyebabkan kegemukan.
  5. Dampak kurang tidur juga berakibat timbulnya jerawat yang berlebih, karena proses detoksifikasi yang tidak berjalan dengan baik, lalu timbunan lemak yang juga tidak bisa diurai, maka akan timbul jerawat yang sangat banyak di wajah maupun di sekitar tubuh yang lain seperti punggung, leher dan tangan.
  6. Selain itu, studi di Korea menemukan bahwa ada kaitan antara orang yang suka begadang pada orang dewasa dengan potensi penyakit diabetes pada pria serta tingginya kadar gula darah atau hiperglikemia pada wanita, yang bisa menjadi pencetus beberapa problem kesehatan lainnya. Meski memiliki jumlah jam tidur yang sama, namun resikonya lebih tinggi pada orang yang tidur terlalu malam dengan orang yang tidur lebih awal dan bangun lebih pagi.

Itulah ulasan kami mengenai akibat kurang tidur, tidur adalah suatu hal yang sangat penting, jangan sampai waktu tidur Anda kurang karena produktivitas Anda juga akan menurun karena dampak-dampak negatif yang ditimbulkan. Semoga informasi ini berguna ya dan jangan ragu untuk melihat artikel-artikel kami yang lainnya dengan klik link di bawah ini!

Bayi Anda Susah Tidur Nyenyak? Ini Penyebab Utamanya!

Agar Anak Cepat Tidur Lakukan 8 Langkah Berikut

Tips Ibu Hamil Yang Susah Tidur

 

author
No Response

Leave a reply "Waspada Dampak & Bahaya Akibat Kurang Tidur!"