Wow, Ternyata Ini Manfaat Pemberian ASI untuk Jantung Ibu

7_Myths_About_Breastfeeding-001

Setelah bayi terlahir ke dunia, ia dengan memasuki masa ASI eksklusif selama 6 bulan pertama dari kehidupannya. ASI merupakan sumber makanan utama yang menawarkan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil. Selama ini, kita hanya mendengar manfaat ASI untuk bayi Anda, dan hal tersebut sangat disayangkan. Karena sebenarnya ibu menyusui pun mendapatkan manfaat dari program ASI 6 bulan ini lho. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Hmmm, penasaran kan pastinya apa saja manfaat pemberian ASI untuk jantung Ibu?

 
Berdasarkan studi gabungan yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Oxford dan Chinese Academy for Medical Sciences, menunjukkan bahwa manfaat pemberian ASI untuk jantung ibu sangatlah besar. Peneliti tersebut mengumpulkan responden penelitian yang terdiri atas wanita berusia sekitar 30 tahun sebanyak 300,000 orang. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita yang pernah menyusui memiliki peluang 9% lebih besar terhindar dari penyakit jantung dan 8% peluang terhindar dari penyakit stroke.

 
Salah satu dari peneliti bernama Dr Sanne Peters mengatakan bahwa kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena ASI membantu untuk memulihkan sistem metabolisme tubuh ibu dengan membuang sebagian lemak menjadi ASI. Selama Anda hamil tentu Anda akan memperbanyak konsumsi makanan untuk nutrisi bayi Anda selama berada di rahim, kan? Nah, setelah bayi Anda terlahir ke dunia, pastinya tubuh masih menyimpan cadangan lemak tambahan yang kini tidak lagi Anda butuhkan. Nah cara yang jauh lebih efektif dibandingkan berolahraga setelah hamil adalah dengan memberikan ASI pada bayi Anda.

 
Hilangnya simpanan lemak tersebut secara otomatis akan membantu mengontrol jumlah kolesterol di dalam darah. Jika kadar kolesterol menjadi berlebihan maka kolesterol yang menumpuk di dinding pembuluh darah arteri akan mengeras, dan mengakibatkan terbentuknya plak yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.Penyumbatan pembuluh darah itulah yang dapat meningkatkan resiko Anda terserang penyakit jantung dan stroke.

 
Dengan menyusui, maka tubuh Anda akan membuang kalori kurang lebih sekitar 400 dan membuang cadangan lemak kolesterol yang dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda. Dan jangan khawatir, kolesterol jahat tersebut tidak akan membahayakan bayi Anda, karena ia masih membutuhkan asupan kolesterol yang cukup untuk membantu perkembangan jaringan dan sel tubuhnya.

 
Wah, siapa yang menyangka ya kalau ternyata manfaat pemberian ASI untuk jantung ibu sedemikian besar? Yuk mulai rajin menggalakkan gerakan ASI 6 bulan, yang ternyata tidak hanya bermanfaat untuk bayi tapi juga untuk ibu menyusui.

author
No Response

Leave a reply "Wow, Ternyata Ini Manfaat Pemberian ASI untuk Jantung Ibu"