Yuk, Intip Tips Menjaga Kesehatan Tulang Setelah Melahirkan Berikut!

KatalogIbu – Moms, melahirkan adalah moment yang kadang susah dilupakan. Bagaimana tidak, calon ibu berjuang antara hidup dan mati untuk seorang bayi yang ditunggu – tunggu. Tak khayal, apabila ibu memiliki banyak keluhan setelah proses tersebut. Rasa pegal-pegal pun tak dapat dihindarkan, bahkan hingga rasa sakit atau nyeri mulai dari pinggang hingga lutut. Eits, tapi jangan sampai membiarkan keluhan tulang itu karena sangat mengganggu kenyamanan dan kelancaran aktifitas sehari – hari. So, intip tips menjaga tulang setelah melahirkan berikut, yuk.

  1. Olahraga

Olahraga sangat bermanfaat untuk mengembalikan kelenturan otot dalam tubuh setelah masa kehamilan. Anda dapat melakukan olahraga secara ringan, tapi setiap hari minimal 10 menit ya, Moms. Misalnya gerakan peregangan otot, dengan melakukan jalan kaki, yoga, hingga senam. Hal ini dapat menjaga kesehatan tulang, lho.

  1. Berjemur di pagi hari

Nah, berjemur juga mejadi salah satu tips yang bisa Anda lakukan. Sebab, selain kandungan pada makanan, vitamin D pada pagi hari ternyata sangat baik untuk kesehatan tulang. Karena dapat mencegah supaya terhindar dari resiko patah tulang.

  1. Konsumsi makanan bergizi dan bernutrisi

Selanjutnya, Anda harus memperhatikan pola makan setelah melahirkan. Khususnya perbanyak makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium, sebab itu dapat mencegah dari tulang keropos. Makanan yang dapat dikonsumsi, misalnya susu, sayuran hijau, ikan salmon, ikan tuna, telur, dll.

  1. Menjaga postur tubuh saat menyusui

Pertama, hindari posisi membungkuk saat sedang menyusui. Anda dapat menyusui dengan duduk di kursi dengan posisi punggung tegak dan dekatkan bayi pada dada Anda. Hal ini dapat mengurangi rasa nyeri pada punggung.

  1. Menjaga posisi menggendong bayi

Terakhir, perhatikan posisi saat menggendong bayi ya, moms. Kurangi intensitas menggendong bayi pada panggul karena hal itu dapat membebani otot punggung Anda. Coba lakukanlah dengan cara menggendong secara bergantian pada pinggul kanan dan kiri.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda coba di rumah. Eits, tapi apa sih penyebabnya? Penyebab tulang terasa ngilu setelah melahirkan adalah kelelahan hingga cedera otot. So, Anda harus lebih hati –hati ya, khusunya setelah proses persalinan. Pasti Anda semua ingin memiliki tulang yang sehat kan? Jadi, coba lakukan tips menjaga kesehatan tulang setelah melahirkan di atas ya. Apabila rasa nyeri tulang tidak kunjung hilang, hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ya, moms. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Intip Tips Menjaga Kesehatan Tulang Setelah Melahirkan Berikut!"