Yuk Kenali Lebih Dekat Sistem Pencernaan Pada Manusia

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Ladies, saat Anda duduk di bangku sekolah pastinya Anda memperoleh pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dimana salah satunya mempelajari organ-organ tubuh manusia, baik organ luar hingga organ dalam. Dari pelajaran di sekolah tersebut Anda mengetahui bahwa sistem organ manusia terdiri atas 3 bagian, yaitu sistem panca indera, sistem pernapasan, dan sistem pencernaan. Nah, just in case Anda sedikit lupa yuk kembali refresh ingatan kita akan susunan sistem pencernaan pada manusia.

  • Mulut

Organ pertama dalam sistem pencernaan pada manusia adalah mulut. Mulut merupakan tempat pertama terjadinya proses pencernaan yang paling sederhana yaitu proses mengunyah. Saat Anda mengunyah makanan, dua jenis proses pencernaan berlangsung di dalam mulut Anda, yaitu proses pencernaan mekanik dan proses pencernaan kimiawi. Proses pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi dan lidah yang memanfaatkan pergerakan otot lidah dan pipi untuk melumatkan makanan dengan air ludah sebelum makanan meluncur masuk ke dalam kerongkongan.

Sedangkan pencernaan kimiawi terjadi saat Anda mengunyah makanan dimana  enzim di dalam ludah yaitu enzim ptialin mengubah serta memecah-mecah amilum menjadi maltosa.  Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Parasetamol?

  • Lambung

Setelah masuk ke dalam kerongkongan, otot-otot di kerongkongan akan mendorong makanan masuk ke dalam lambung. Oleh lambung, makanan-makanan tersebut diproses kembali dengan menggunakan enzim-enzim pencernaan, yaitu enzim pepsin, asam klorida (HCI), dan enzim lipase. Enzim pepsin berfungsi untuk merubah zat protein di dalam makanan menjadi pepton, sedangkan enzim HCI berfungsi untuk mengaktifkan pepsinogen sekaligus merubahnya menjadi pepsin. Dan enzim lipase berfungsi untuk memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Lambung membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk memproses zat-zat makanan tersebut sebelum mendorongnya untuk diproses di usus 12 jari.

  • Usus 12 Jari

Setelah makanan sampai ke organ usus 12 jari, makanan tersebut akan kembali dicerna dengan menggunakan enzim-enzim yang diproduksi oleh pankreas. Sedangkan zat lemak pada makanan akan diemulsikan oleh empedu yang terletak di hati sebelum zat tersebut dialirkan ke usus 12 jari.

  • Usus Halus

Di usus halus inilah proses penyerapan zat-zat makanan untuk tubuh terjadi. Usus halus menyerap zat-zat makanan yang telah dikonversikan oleh organ-organ sebelumnya, seperti asam lemak, gliserol, glukosa, dan asam amino.

  • Usus Besar

Setelah proses penyerapan zat-zat makanan selesai, sisa-sisa makanan Anda akan dialihkan ke bagian usus besar. Usus besar memiliki peranan untuk menyerap sisa-sisa air yang masih tersisa di dalam ampas makanan tersebut sebelum dibuang ke luar tubuh melalui anus.

  • Anus

Organ pencernaan yang terakhir ini berperan sebagai saluran pembuangan dimana ampas makanan yang telah selesai dicerna dibuang keluar dari tubuh dalam bentuk feses.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai sistem pencernaan pada manusia. Mengingat betapa pentingnya peranan dari masing-masing organ pencernaan tersebut alangkah baiknya agar kita lebih memperhatikan kesehatan organ-organ tersebut dengan rajin melakukan detoksifikasi untuk membuang racun yang menempel pada organ pencernaan Anda.

author
No Response

Leave a reply "Yuk Kenali Lebih Dekat Sistem Pencernaan Pada Manusia"