Yuk, Ketahui Penyebab Bayi Muntah Saat Diberi ASI

Yuk, Ketahui Penyebab Bayi Muntah Saat Diberi ASI

Bayi muntah setelah diberi ASI, atau yang juga lebih dikenal dengan istilah gumoh bukanlah hal baru, dan hampir semua ibu pernah mengalami saat dimana bayi tercintanya memuntahkan kembali ASI yang telah diminumnya. Namun bagi para ibu-ibu muda yang masih awam, hal tersebut tak jarang membuat mereka khawatir. Nah, untuk menenangkan pikiran Anda, berikut adalah penyebab bayi muntah saat diberi ASI.

  • Pemberian ASI Yang Berlebihan

Pemberian ASI yang berlebihan merupakan salah satu penyebab bayi muntah saat diberi ASI yang paling sering terjadi. Beberapa bayi memiliki nafsu minum ASI yang sangat besar sehingga tak jarang mereka meminum ASI terlalu banyak dan melebihi kapasitas lambung.

Lambung bayi memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga apabila asupan ASI terus datang dengan keadaan lambung masih penuh, maka sebagai akibatnya tubuh bayi akan mengeluarkan cairan ASI yang berlebih tersebut melalui mulut bayi.

Untuk mengatasi gumoh akibat pemberian ASI yang terlalu berlebihan, Anda sendirilah yang perlu mengatur porsi ASI yang diberikan pada bayi Anda, jangan terlalu sedikit dan juga jangan terlalu berlebihan.

  • Posisi Saat Menyusui

Posisi Anda dan bayi saat proses menyusui pun juga bisa menjadi penyebab bayi muntah setelah diberi ASI. Posisi menyusui yang dapat menyebabkan gumoh adalah posisi menyusui ibu yang dilakukan dengan tidur miring sedangkan bayi menyusui dalam keadaan tidur terlentang.  Baca juga: Young Mommies, Inilah Cara Memompa ASI Yang Benar

Sebagai akibatnya, air susu yang dihisap oleh bayi Anda tidak mengalir masuk ke dalam saluran pencernaan tetapi mengalir menuju saluran pernapasan. Aliran ASI yang salah alamat tersebut menyebabkan bayi tersedak dan memuntahkan ASI yang telah diminumnya. Hindarilah posisi menyusui dengan tiduran, sebaliknya apabila Anda dalam kondisi lelah, bersandarlah dengan santai pada lengan sofa yang empuk atau bersandar pada bantal di atas tempat tidur.

  • Bayi Tidak Bersendawa

Moms, setelah Anda makan sepiring makanan yang lezat, tentunya Anda akan mengeluarkan suara sendawa dari mulut Anda. Sendawa merupakan reaksi tubuh dalam melepaskan kantong udara yang timbul selama Anda menikmati makanan Anda.

Kantong udara tersebut juga terbentuk di dalam tubuh si kecil selama ia menghisap ASI. Kantong-kantong udara tersebut bisa jadi menjadi penyebab di balik muntah ASI yang dialami bayi Anda. Untuk mengatasinya, Anda perlu melatihnya untuk bersendawa dengan menepuk-nepuk lembut punggungnya setiap selesai menyusui.

Demikianlah penyebab bayi muntah saat diberi ASI. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Ketahui Penyebab Bayi Muntah Saat Diberi ASI"