Ini Dia Manfaat Mainan Boneka Untuk Anak Perempuan

manfaat boneka untuk anak perempuan

manfaat boneka untuk anak perempuan – Bagi anak – anak khususnya anak perempuan, mainan boneka lengkap dengan aksesoris rumah – rumahan merupakan salah satu jenis mainan yang sebaiknya perlu disiapkan para orang tua agar sesuai dengan pola pengasuhan positif untuk anak perempuannya. Menurut ahli psikologis perkembangan anak, pola pengasuhan beda gender sangat diperlukan agar sesuai dengan posisi dan kedudukan anak ketika ada dimasyarakat dan berguna saat usianya sudah beranjak dewasa.

Secara umum banyak sekali pilihan mainan boneka yang bisa bunda pilih sesuai dengan selera anak anda mulai dari boneka yang bisa berbicara atau juga ada boneka yang bisa didandani dan digantikan baju sesuai keinginan buah hati anda. Dan berikut adalah manfaat bonek untuk anak perempuan yang perlu bunda ketahui :

Manfaat dan kegunaan mainan boneka untuk anak perempuan

Berikut adalah manfaat permainan boneka untuk anak perempuan usia 2 – 5 tahun :

  • Kemampuan verbal

Buah hati anda berbicara sendiri ketika bermain boneka ? anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir atau bahkan heran, karena menurut banyak penelitian yang sudah dilakukan mengatakan bahwa perempuan suka banyak berbicara atau senang berbicara dibandingkan dengan laki – laki. Jadi selain menjadi hal yang normal, bermain boneka sambil berbicara sendiri juga bisa membantu untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan verbal pada buah hati anda.

  • Membantu anak untuk bersosialisasi

Bermain boneka bersama teman sebaya lengkap dengan akesesoris rumah – rumahan ternyata juga bermanfaat untuk melatih kemampuan sosialisasi pada anak. Namun peran bunda penting dalam hal ini karena anda juga harus selalu memperhatikan jika kemungkinan ada timbulnya konflik ketika bermain. Hal seperti ini merupakan hal yang wajar karena tingkat emosional pada anak kecil masih tinggi jadi anda tidak perlu memarahinya jika terjadi konflik.

  • Permainan peran

Dengan bermain peran menjadi ibu ataupun kakak merawat anak atau adiknya dengan yang disimbolkan dengan boneka, secara tidak langsung akan menumbuhkan dam melatih rasa empati terhadap sesama atau mereka yang berusia lebih mudah. Permainan ini juga berguna untuk melatih dan mengembangkan tanggung jawab sesuai dengan kelak ketika hidup dalam lingkungan masyarakat.

Demikanlah manfaat boneka untuk anak perempuan yang sebaiknya diketahui oleh orang tua. Berikan juga dukungan dengan berusaha menyediakan kelengkapan mainan boneka agar daya imajinasi dan juga kretifitasnya makin bertambah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Baca juga tentang 8 Rahasia Cara Merangsang Perkembangan Otak Anak

author
No Response

Leave a reply "Ini Dia Manfaat Mainan Boneka Untuk Anak Perempuan"