Ketahui Mainan Anak Edukatif untuk Usia 1 Sampai 3 Bulan

mainan anak

Bermain merupakan hal yang melekat dengan dunia anak-anak sehingga jangan heran jika mereka selalu tertarik ketika melihat penjual mainan. Pada dasarnya, mainan anakini tidak hanya bertujuan untuk menghibur saja, tetapi menjadi sarana belajar yang bisa mendukung perkembangannya.

Oleh karena itu, membelikan mainan anak sebaiknya mempertimbangkan perkembangan dan usianya sehingga bisa terstimulasi dengan baik. Lantas, mainan apa yang cocok untuk anak usia 1 hingga 3 bulan? Yuk, simak informasi berikut ini:

  • Mainan yang Berbunyi

Mainan berbunyi yang diperuntukkan untuk bayi ini biasanya disebut dengan kliningan. Pilihlah mainan yang bentuknya lucu dan memiliki warna cerah sehingga akan menarik perhatian si Kecil. Goyang-goyangkan mainan ini dihadapannya sambil menyanyikan sebuah lagu. Melihat kliningan digerak-gerakkan dihadapannya, pasti si Kecil tertarik untuk memegangnya dan memainkannya. Mainan kliningan ini tidak hanya membantu untuk melatih indra penglihatan si Kecil, tetapi juga gerak motorik halusnya.

  • Mainan Bertekstur

Mainan anak yang bertekstur ini bertujuan agar si Kecil mengetahui perbedaan setiap benda. Carilah boneka yang bertekstur lembut, kasar, dan padat. Sentuhkanlah boneka yang berbahan lembut pada lengannya, lanjutkan dengan mainan kasar hingga padat. Mainan ini membantu si Kecil untuk mengenali perbedaan tekstur.

  • Mainan Gantungan

Mainan yang digantungkan memang sangat cocok untuk bayi yang berusia 1 hingga 3 bulan lantaran si Kecil masih menghabiskan waktunya di tempat tidur. Pilihkan warna yang cerah dan bentuk lucu kemudian putarlah pelan-pelan. Melihat mainannya berputar-putar, ia akan senang dan tertawa lepas. Jika ia tertarik untuk memegangnya, gendonglah si Kecil dan biarkan ia bisa menyentuh mainan tersebut. Mainan gantung ini memiliki banyak manfaat untuk mengasah koordinasi mata dan tangan bayi serta bisa menjadi media untuk mengenalkan beragam warna.

  • Mainan Bola Besar

Mainan anak ini cocok untuk melatih perkembangan otak bayi usia 3 bulan dengan gerakan mengayun-ayun. Letakkan tubuh bayi pada bola besar, kemudian gulirkan bola tersebut secara perlahan dan biarkan ia merasakan kenikmatan saat diayun. Mainan ini juga bisa menenangkan emosi si Kecil saat sedang menangis.

Nah, itulah keempat mainan anak edukatif yang berguna untuk menstimulasi perkembangan buah hati tersayang. Jika Anda membelikan mainan anak yang sesuai perkembangan usianya, tentu saja lebih bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Yuk, belikan mainan edukatif untuk si Kecil!

author
No Response

Leave a reply "Ketahui Mainan Anak Edukatif untuk Usia 1 Sampai 3 Bulan"