Lego: Mainan Edukatif Bantu Latih Motorik Halus Anak

mainan anak

Bun, pernah tidak si Kecil merengek di toko mainan anak? Pemandangan itu lumrah terjadi saat Anda tengah berjalan-jalan ke sebuah mall atau ke toko mainan. Yah, si Kecil yang sudah terlanjur menyukai satu jenis permainan biasanya enggan mengalihkan pandangannya dari mainan yang disukainya.

Namun, setidaknya Anda memahami, apakah mainan anak yang dipilihnya mendukung perkembangan si Kecil? Lego merupakan salah satu jenis mainan yang banyak digemari hingga saat ini. Mainan buatan Denmark ini dapat mengoptimalkan potensi dan perkembangan dirinya. Yuk, simak apa saja manfaat dari lego yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus

Lego tergolong mainan anak yang memberikan manfaat secara fisik kepada si Kecil yaitu melatih keterampilan motorik halus anak. Tentu saja keterampilan motorik halus ini harus dilatihkan untuk mengembangkan otot-otot kecil agar dapat berkoordinasi dengan baik, terutama untuk otot mata dan tangan.

  • Mengembangkan Kemampuan Logika dan Pemecahan Masalah

Bermain lego sama halnya mengembangkan logika berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah. Agar dapat mendapatkan bentuk lego yang sesuai keinginan, si Kecil beberapa kali mengalami trial and error. Dari sinilah si Kecil akan belajar dan mencari solusi masalahnya hingga ia mendapatkan bentuk yang diinginkannya. Dengan beberapa kali mencoba dan mengalami kesalahan, secara tidak langsung ia juga belajar untuk tidak pantang menyerah.

  • Mengembangkan Daya Kreativitas

Lego tergolong mainan anak yang dapat menguji daya kreativitas dan imajinasinya. Dengan mainan ini, ia berusaha mengeluarkan ide-ide cemerlang dan mengaplikasikannya ke dalam bentuk nyata. Dari hal inilah ia akan berpikir kritis dan berimajinasi secara bebas tanpa batas.

  • Mengajarkan Sosialisasi

Cara awal mengenalkan lingkungan baru kepada si Kecil yaitu sosialisasi dengan daerah sekitarnya. Ketika bermain lego, Anda bisa memanggil beberapa temannya untuk bermain bersama. Dari komunikasi dengan rekan sebayanya inilah ia akan belajar bersosialisasi dengan lingkungannya termasuk belajar kerja sama.

Nah, itulah manfaat lego sebagai mainan anak yang dapat menjadi sebagai sarana belajarnya. Jika Anda sudah mengetahui manfaat dari lego ini, jangan ragu membelikannya untuk si Kecil. Ibu juga bisa memberikan sabak magnet sebagai media untuk menggambarkan idenya. Meski mainan ini cukup aman, tetapi mendampingi si Kecil saat bermain harus tetap dilakukan. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, ya!

author
No Response

Leave a reply "Lego: Mainan Edukatif Bantu Latih Motorik Halus Anak"