Pilihan Cerdas Membeli Mainan Anak Usia 1-3 Tahun

mainan anak

Bun, apakah si Kecil suka rewel saat berada di toko mainan? Yah, hal itu memang biasa terjadi pada si Kecil yang melirik sebuah mainan anak. Layaknya seperti membeli baju, Anda pun harus memilihkan mainan sesuai dengan usianya. Sebab, setiap perkembangannya membutuhkan rangsangan tersendiri  agar perkembangannya berjalan optimal. Yuk, intip jenis mainan anak yang sesuai umurnya berikut ini:

  • Usia 0-12 Tahun

Saat ia belum mampu meraih benda-benda , si Kecil sangat tertarik dengan jenis mainan anak yang mengeluarkan bunyi dan berwarna cerah sebab jarak pandangnya masih terbatas 28 cm saja. Saat mendengarkan musik yang berirama pelan seperti dari kotak musik, si Kecil bisa saja terkekeh-kekeh dan menggerak-gerakkan badannya.

Memasuki usia 6-11 bulan, si Kecil mulai bisa duduk, merangkak, dan merambat dengan langkah kecilnya. Mainan yang cocok untuk usia ini berupa mainan yang bertekstur, berbunyi, dan tidak keras. Dalam masa fase oral ini Anda harus memperhatikan benda-benda yang dimasukkan ke dalam mulutnya seperti boneka dan penumbuh gigi.

  • Usia 1 Tahun

Usia ini si Kecil mulai pintar mengeksplorasi kemampuannya sebab ia mulai pintar melangkahkan kakinya dengan berjalan mundur dan maju tanpa pegangan. Meskipun langkahnya masih oleng, ia tak pernah lelah untuk menyusuri sudut-sudut ruangan di dalam rumah. Namun, Anda perlu mewaspadai terhadap benda-benda yang dipegangnya, ya! Bukan lagi hobi memasukkan mainan ke dalam mulutnya, tetapi di usia ini si Kecil cenderung melemparkan benda yang dipegangnya. Ia pun suka memindahkan mainan-mainannya hingga semua sudut ruangan Anda terdapat benda miliknya. Oleh karena itu, pilihlah jenis mainan menyusun dan mendorong seperti balok susun.

  • Usia 2 Tahun

Memasuki usia ini si Kecil makin aktif dan penuh energi sehingga ia sibuk berlari-lari di dalam rumah dan memanjat-manjat kursi. Untuk mengimbangi perkembangannya tersebut, sebaiknya Anda membelikan si Kecil bola agar kemampuan motoriknya makin berkembang. Anda pun bisa membelikan buku gambar dan crayon untuk mengeksplorasi kognitifnya.

  • Usia 3 Tahun

Umumnya, pada usia ini si Kecil makin lincah berlari dan melompat-lompat. Mereka pun mulai pandai menata kalimat panjang dan mengekspresikan emosinya. Saat usia ini, si Kecil suka meniru apa saja yang dilihatnya. Anda bisa membelikan HP mainan yang mengeluarkan lagu anak-anak saat dipencet tombolnya. Dengan begitu, si Kecil memiliki referensi lagu untuk bernyanyi.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih mainan anak. Dengan memilih mainan anak secara tepat, maka perkembangan si Kecil bisa berkembang secara optimal, Yuk, pilih mainan yang tepat, ya!

 

author
No Response

Leave a reply "Pilihan Cerdas Membeli Mainan Anak Usia 1-3 Tahun"