Sudahkah Mainan si Kecil Sesuai Usianya?

No comment 1183 views

mainan anak

Saat Anda berjalan-jalan ke mall, tak heran jika si Kecil tiba-tiba merengek minta dibelikan mainan anak yang disukainya. Dunia anak memang sangat dekat dengan segala jenis mainan yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, pemberi stimulus, dan kawan bagi dirinya. Membelikan mainan anak juga sebagai cara orang tua menunjukkan kasih sayanyanya.

Meskipun begitu, mainan anak harus disesuaikan dengan usia dan perkembangannya. Sebab, tidak semua mainan anak dapat menjadi sarana dan teman belajar yang tepat. (Baca juga:Yuk, Rawat Gigi si Kecil dengan Baik)

Beberapa kasus yang terjadi, banyak anak yang terluka atau cedera akibat mainan anak yang kurang aman. Lalu, bagaimanakah mainan anak yang tepat untuk buah hati tersayang? Yuk, simak informasi menarik berikut ini yang dilansir dari ibudanbalita.com:

  • 0-1 Tahun

Pada usia ini, si Kecil masih banyak menghabiskan waktunya di tempat tidur. Untuk itu, pilihlah mainan anak yang memiliki warna cerah dan lembut serta bertekstur empuk untuk menghindari cedera.

Jangan memberikan mainan anak yang mudah terlepas karena si Kecil gemar menggigit barang yang ada digenggamannya. Hindari juga mainan yang bertepiĀ  tajam dan mengandung pewarana berbahaya. Bola-bola plastik yang ukurannya lebih besar dari mulutnya cocok untuk diberikan pada si Kecil yang usianya di bawah 1 tahun.

  • 1-2 Tahun

Pada usia ini, si Kecil mulai tertarik dengan lingkungan sekitarnya karena perkembangan matanya sudah sempurna. Mainan anak yang cocok diberikan pada usia ini harus merangsang perkembangan otak dan motoriknya. Si Kecil juga tertarik dengan mainan yang mengeluarkan bunyi atau musik. Memberikan balok bongkar pasang dan telepon-teleponan pas untuk menemani ia yang mulai mengoceh.

  • 2-3 Tahun

Saat si Kecil telah memasuki usia 2-3 tahun, pilihkan mainan anak yang dapat menstimulasi daya kreativitasnya. Berikan caryon yang berukuran besar, gitar mainan, dan mobil yang didorong cocok untuk usianya saat ini. Selalu dampingi si Kecil saat bermain agar keamanannya tetap terjaga.

  • 3-5 Tahun

Si Kecil yang telah memasuki usia 3-5 tahun, cocok jika diberikan bongkar pasang puzzle dan peralatan musik yang lebih kompleks seperti drum. Anda juga bisa memperhatikan kegemaran si Kecil seperti menari dan bercerita.

Meski usia si Kecil cukup besar untuk memahami bahaya listrik dan api, tetapi Anda harus mendampingi ia yang asyik bermain di ruang keluarga. Jauhkan benda-benda tersebut dari dekatnya agar ia tetap aman. Yuk, pilih mainan anak yang tepat untuknya!

author
No Response

Leave a reply "Sudahkah Mainan si Kecil Sesuai Usianya?"