Yuk Kenali Manfaat Boneka Jari untuk Anak Berikut!

Yuk Kenali Manfaat Boneka Jari untuk Anak Berikut!

Manfaat boneka jari untuk anak – Bermain merupakan hal yang wajar dilakukan oleh anak – anak, untuk anak laki – laki biasanya permainan yang dilakukan yaitu lebih kepermainan fisik seperti sepak bola. Berbeda dengan anak perermpuan yang kebanyakan suka bermain boneka. Banyak bermacam – macam boneka yang dapat ditemui salah satunya yaitu boneka jari. Boneka jari itupun juga beragam bentuknya, ada yang berupa boneka jari hewan hingga tokoh karakter yang ada dalam suatu film tertentu.

Walaupun boneka jari ini terkesan sederhana namun memiliki banyak manfaat untuk anak. Apa saja manfaat boneka jari untuk anak? Diantaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat boneka jari untuk balita

1. Mengasah keterampilan motorik halus
Dengan melibatkan gerakan jari – jari untuk membuat cerita hal ini dapat melatih keretampilan motorik halus anak.

2. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa
Boneka jari adalah mainan yang pantas untuk diajak berbicara. Anak akan berinteraksi dengan boneka seolah bonekanya dapat memahami bahasa manusia. Saat berbicara dengan boneka anak akan mengeluarkan ide-ide dan pemikirannya secara bebas sehingga melatih keterampilan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi.

3. Meningkatkan Keterampilan Sosial
Boneka dapat dimainkan secara bersama-sama dalam kelompok. Anak akan saling berdiskusi membahas aktivitas dengan boneka masing-masing. Kadang-kadang anak-anak tersebut menyusun sebuah skenario peran masing-masing boneka untuk dimainkan bersama. Tidak jarang pula anak akan membuka komunikasi dengan ibu mengenai kondisi bonekanya.

4. Melatih Kemandirian
Anak-anak biasanya tidak suka diajari bagaimana memperlakukan bonekanya. Anak-anak akan berusaha merawat bonekanya sesuai dengan kemampuannya. Adakalanya ibu tidak harus terlibat dalam permainan, cukup mengawasi saja.

Itulah beberapa manfaat boneka jari untuk anak yang harus bunda perhatikan. Untuk menghemat biaya Anda dapat membuat boneka jari sendiri, cara membuat boneka jari sangatlah mudah dan tidak membutuhkan biaya yang banyak hanya memerlukan beberapa kain flanel bunda dapat berkreasi membuatkan boneka jari untuk si kecil. Baca juga : 5 Olahan Kacang Merah untuk Makanan Balita

author
No Response

Leave a reply "Yuk Kenali Manfaat Boneka Jari untuk Anak Berikut!"