Yuk Mengasah Kreativitas Balita Dengan Bermain!

No comment 1577 views

permainan pengasah kretifitas pada balita

permainan pengasah kreatifitas balita – Permainan yang kreatif dan juga artistik sangat penting untuk mengasah kreativitas balita. Dukung balita anda dengan membiarkan dia menghabiskan waktu untuk mengeksplorasi kegiatan yang menstimulasi perkembangan daya kreatifnya. Peran serta orang tua dalam memberikan dukungan dan juga pujian bagi mereka juga sangatlah penting.

Berikut adalah permainan pengasah kreatifitas balita beserta dengan manfaatnya :

Permainan yang bisa mengasah kreativitas balita dan juga manfaatnya

  • Permainan pengasah kreativitas pada balita

1. Drama

Sering sekali balita mengambil suatu benda dan menganggapnya sebagai hal lain. Misalnya sebuah balok yang dianggapnya sebagai sebuah kapal permainan seperti inilah yang bisa membantu mengembangkan imajinasinya. Permainan drama ini juga bisa membantu buah hati anda untuk menggunakan sisi kreativitasnya dalam menjawab pertanyaan dan juga menyelesaikan suatu masalah. Dukung selalu buah hati anda dengan memberikan ide – ide baru dalam bermain atau cukup dengan bermain serta mengikuti alur alur cerita yang dibuatnya. Hal yang bisa dilakukan ibu untuk menambah kreativitasnya dan juga imajinasinya adalah dengan membacakan dongeng atau menceritakan cerita sebelum buah hati anda tidur.

2. Seni Visual

Menggambar dengan pensil warna, buku yang berisi banyak gambar, merobek atau melipat kertas itulah salah satu aktivitas yang paling disukai oleh anak – anak khususnya pada usia balita. Aktivitas yang seperti ini dapat membantu mereka antara lain sebagai berikut :

– Mereka akan terbiasa dengan tekstur – tekstur benda yang baru

– Buah hati anda juga bisa belajar menggunakan warna dan kertas

– Dan juga dapat melatih semua kemampuan motoriknya

– Selanjutnya mereka juga bisa mengekspresikan pikiran, ide, dan juga pengalaman mereka lewat karya yang telah dibuatnya.

Dengan memberikan alat – alat yang diperlukan seperti pensil, buku gambar, dan juga anda iku berpartisipasi dalam proses pembuatan karyanya maka dapat membantu buah hati anda untuk mengeksplorasi hal – hal yang baru.

3. Musik

Lagu dan musik merupakan bentuk ekspresi yang sangat baik pada diri seseorang maupun anak – anak. Dengan bernyanyi bisa melatih sikecil dalam penggunaan kata – kata dan bisa membantunya untuk mengingat kata – kata yang baru. Mereka juga bisa menambahkan gerakan – gerakan menari. Bunda juga dapat memberikan variasi lagu yang dapat membantu mereka berekspresi dan juga ajak mereka untuk menirukan kata – kata yang ada pada lagu tersebut.

4. Menari

Dengan musik maka sikecil akan mulai menggerak – gerakan tubuhnya. Bahkan kadang – kadang mereka tidak akan memperdulikan keadaan yang ada disekitarnya. Faktanya adalah sikecil bisa mengeksplorasi imajinasi, pikiran dan respon mereka terhadap musik dan lingkungan yang ada disekitarnya. Tidak hanya itu, mereka juga bisa melatih kemampuan motoriknya termasuk koordinasi mata dan tangganya.

  • Manfaat permainan kreativitas untuk balita

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari bermain yang bisa menambahkan kreativitasnya antara lain adalah sebagai berikut :

– Dapat membantu mereka untuk mengekspresikan dan melihat dunia

– Permainan kreativitas merupakan salah satu cara sikecil untuk mengekspresikan perasaan mereka yang mungkin tidak bisa diekspresikan melalui kata – kata.

Nah itulah beberapa permainan pengasah kreatifitas pada balita yang perlu diketahui oleh semua orang tua. Optimalkan kemampuan otak buah hati anda dengan kegiatan yang dapat membantu perkembangan otak dan imajinasinya dan juga jangan lupa berikan nutrisi yang baik dan cukup untuk balita. Baca juga tentang 4 Point Penting Menyusui Saat Hamil

author
No Response

Leave a reply "Yuk Mengasah Kreativitas Balita Dengan Bermain!"