Manfaat Ikan Tuna dan Resep Olahan untuk Bayi

No comment 25917 views

2 Resep Makanan Bayi Terbaik dari Ikan Tuna!

Resep makanan bayi – Ketika bayi Anda telah menginjak usia 9 bulan tentu saja menu MPASI-nya sudah berbeda dan waktunya untuk mulai memperkenalkan bubur beras atau nasi lembek dengan berbagi lauk pauk dan sayuran. Salah satu yang cocok untuk ditambahkan dalam menu MPASI bayi yaitu ikan, karena merupakan sumber protein yang baik untuk MPASI bayi.

Berbagai jenis ikan mudah ditemukan di perairan Indonesia ini dan salah satu ikan yang cocok untuk resep makanan bayi adalah tuna. Seperti yang kita tahu bahwa ikan tuna mengandung omega 3 sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan dikenal sebagai sumber protein dimana kadar proteinnya dua kali lipat dari telur. Ikan tuna juga kaya akan sumber mineral yang mengadung iodium 28 kali lebih tinggi daripada ikan tawar. Selain itu terdapat manfaat ikan tuna lainnya seperti :

1. Membuat bayi lebih cerdas
Studi dalam jurnal Pediatrics tahun 2003 menemukan bahwa calon mama yang mengonsumsi suplemen omega-3 selama kehamilan dan menyusui, ternyata memiliki bayi dengan kemampuan kognitif lebih tinggi saat usia mereka 4 tahun. Pada tahun 2005, studi lain menunjukkan bahwa anak-anak sekolah yang diberi suplemen omega-3 menunjukkan peningkatan kemampuan membaca. Otak anak tumbuh tercepat saat sebelum lahir dan terus tumbuh pesat di tahun pertama kehidupannya.

2. Meningkatkan imunitas
DHA juga telah dikaitkan dengan peningkatan kekebalan tubuh. Dalam sebuah studi, balita yang mengonsumsi susu formula yang diperkaya dengan minyak ikan, memiliki kadar protein lebih tinggi-yang menunjukkan fungsi kekebalan tubuhnya-dibanding balita yang minum susu formula atau susu sapi saja.

3. Memperbaiki penglihatan
DHA telah terbukti membantu menajamkan penglihatan pada bayi.

4. Bisa mencegah kanker
Menurut hasil studi, diketahui bahwa mengonsumsi ikan tuna bisa membantu mencegah kanker, salah satunya kanker ovarium, kanker pankreas, dan jenis kanker yang menyerang saluran pencernaan lain seperti kanker mulut, faring, esophagus, perut, dan usus.

Untuk itu menggunakan ikan tuna sebagai menu MPASI bayi sangatlah cocok. Berikut ini resep makanan bayi yang berasal dari ikan tuna.

Resep makanan bayi dari olahan ikan tuna

1. Tim saring tuna
Sebelum membuat tim saring tuna Anda harus menyiapkan bahan – bahan berikut ini :

Bahan :
– Air 625 cc
– Beras 20 gram
– Ikan Tuna 25 gram
– labu siam 50 gram
– mentega kurang lebih 1 sendok teh
– Tempe
– Tomat

Cara membuat :
– Bersihkan ikan tuna, keluarkan jeroannya lalu potong dadu
– Potong – potong tempe, labu siam dan tomat
– Rebus beras bersamaan dengan ikan dan tempe hingga menjadi bubur. Setelah itu masukan labu siam dan tomat hingga matang.
– Tambahkan mentega dan aduk hingga merata.
– Tunggu beberapa menit hingga dingin lalu haluskan lagi dengan blender.

2. Tim beras merah tuna
Resep makanan bayi yang berbahan tuna berikutnya yaitu tim beras merah tuna. Untuk membuatnya siapkan bahan – bahan berikut.

Bahan :
– Air 600 ml
– Beras merah 20 gram
– Buncis 25 gram
– Ikan tuna 25 gram
– Tomat 25 gram
– Wortel 25 gram
– 1/4 sendok teh garam

Cara membuat :
– Cuci bersih beras merah dengan air yang mengalir
– Bersihkan ikan lalu potong kecil – kecil
– kupas wortel kemudian bersihkan dan lanjutkan dengan mengiris tipis – tipis
– Buang serat buncis lalu bersihkan
– Bersihkan tomat dan cincang hingga halus
– Rebus beras merah hingga berubah menjadi bubur kemudian masukan semua bahan dan masak hingga matang, setelah itu bisa langsung Anda sajikan sebagai makanan bayi.

2 resep makanan bayi di atas bisa menjadi referensi untuk menu makanan bayi sehari – hari ketika bayi telah menginjak usia 9 bulan. Baca juga : 7 Trik Jitu Mengatasi Balita Susah Makan!

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Ikan Tuna dan Resep Olahan untuk Bayi"