3 Menu Makanan Bayi Sesuai Umur

No comment 1525 views

bubur bayiPernahkah Ibu mengalami kebingungan untuk menyiapkan makanan bayi sesuai umur? Yah, masalah ini banyak juga dialami oleh ibu-ibu diluar sana terutama saat si Kecil mulai diperbolehkan untuk menerima Makanan Pendamping ASI (MPASI). Memang, memberikan kudapan sehat untuk si Kecil tidak bisa secara sembarangan. Pasalnya, sistem pencernaan buah hati tersayang perlu penyesuaian dengan tekstur makanan yang Ibu sajikan.

Pemberian kudapan ini perlu dilakukan secara bertahap dengan tekstur dari yang lunak hingga kasar. Tak hanya itu, usianya pun harus menjadi perhatian utama Bu. Untuk itu, Ibu perlu menyediakan waktu khusus untuk membuatkan makanan bayi pendamping ASI agar si Kecil semakin doyan makan Bu. Berikut ini beberapa pilihan menu sajian sehat untuk buah hati tercinta:

  • Menu Makanan Bayi Umur 6 Bulan

Usia ini, si Kecil masih tergantung oleh ASI yang setiap saat bisa Ibu berikan untuknya. Namun, pemberian MPASI pada minggu pertama ini cukup 1 kali seminggu saja sebagai tahap pengenalan. Minggu berikutnya, secara bertahap dapat diberikan dengan intensitas yang lebih banyak.

 

Biasanya, si Kecil hanya melumat 2-3 sendok saja sehingga tak perlu membuatkan terlalu banyak. Ibu bisa membuatkan bubur daritepung beras, puree buah, dan puree sayur. Misalnya, dengan melumatkan wortel, alpukat atau kentang Bu. Eits, buatlaj puree tersebut hingga teksturnya sangat lembut dan encer ya agar mudah ditelan si Kecil.

  • Menu Makanan Bayi Umur 7-8 Bulan

Si Kecil masih tergantung dengan ASI yang bisa Ibu tawarkan saat ia terlihat lapar atau menangis. Dalam tahapan usia ini, Ibu bisa memberikan camilan sehat seperti jus, puding, atau kue kering ya Bu. Si Kecil sudah bisa menerima makanan lembut lain selain puree Bu, misalnya bubur tim yang ditambahkan wortel atau hati ayam untuk menambah kenikmatannya. MPASI ini bisa Ibu suapkan 2-3 kali sehari dengan tambahan camilan ringan yang mudah dilumat.

  • Menu Makanan Bayi Umur 9-10 Bulan

Ibu bisa memberikan makanan yang bertekstur sedikit kasar Bu. Misalnya saja dengan menambahkan ayam suwir atau potongan keju dalam nasi tim untuknya. Mulailah untuk menawarkan makanan bayi sebelum pemberian susu. Hal ini untuk melatihnya agar terbiasa dengan makanan yang merupakan sumber gizi paling utama.

Peningkatan tekstur makanan bayi ini perlu diperhatikan agar perpindahan jenis kudapan tidak mengganggu sistem pencernaannya. Berikan menu kudapan yang bervariasi agar ia semakin lahap ya. Ayo Bu, berkreasi dengan menu makanan bayi.

 

author
No Response

Leave a reply "3 Menu Makanan Bayi Sesuai Umur"