4 Makanan Alternatif Pengganti Susu Bayi

No comment 8487 views

susu bayi 1

Pernahkah Ibu menghadapi anak yang alergi susu bayi? Biasanya, Ibu yang bekerja memberikan si Kecil susu formula untuk menggantikan ASI. Susu sering dianggap sebagai sumber asupan kalsium tertinggi. Padahal, kandungan kalsium tinggi bisa diperoleh dari sumber makanan lain lho.

Memang, kebutuhan kalsium harian si Kecil harus dipenuhi dengan baik karena berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Untuk itu, meski si Kecil alergi dengan susu bayi, Ibu tidak perlu khawatir asupan kalsiumnya berkurang. Beberapa makananĀ berikut ini bisa menjadi alternatif pengganti susu bayi:

  • Sarden

Ikan laut merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan kalsium. Olahan ikan laut ini mampu memenuhi kebutuhan kalsium hariannya hingga 33 persen. Jadi, jangan ragu-ragu untuk memberinya sarden minimal sepekan sekali ya.

  • Keju

Produk turunan dari susu ini tentu saja mengandung banyak kalsium. Taburkan keju parut di camilan sehatnya agar si Kecil makan semakin lahap. Rasa keju yang gurih dan asin ini pasti semakin disukai buah hati tersayang.

  • Sayuran Hijau

Bukan hanya kaya kalsium, sayuran hijau tentu mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan si Kecil. Selain itu, mendapatkan jenis sayuran hijau pastinya sangat mudah dengan harga yang cukup terjangkau. Pengolahannya juga cukup sederhana karena Ibu tinggal mencampurkannya ke dalam bubur tim yang menjadi kudapan buah hati.

  • Kacang Almond

Kacang almond memang terkenal dengan kandungan vitamin E yang tinggi sehingga mampu menjaga kelembutan kulit si Kecil. Namun, Ibu perlu tahu bahwa semangkuk kacang almond bisa menyumbangkan kalsium sebesar 70-80 mg. Tekstur kacang almond yang masih cukup keras untuk si Kecil ini tentu harus diperhatikan. Potong kecil-kecil atau haluskan untuk mempermudah buah hati mencernanya.

Bagaimana, sudah tak pusing kan mencari alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium si Kecil selain susu bayi? Ayo, segera siapkanĀ  kudapan sehat kaya kalsium untuk buah hati tersayang!

 

author
No Response

Leave a reply "4 Makanan Alternatif Pengganti Susu Bayi"