4 Tips Melatih Bayi untuk Makan

No comment 1353 views

gambar3

melatih makan bayi – Jika anda sudah melihat tanda – tanda bayi sudah siap makan anda sudah dapat melatih mereka makan makanan pendamping ASI . Makan merupakan salah satu hal yang harus dipelajari dulu termasuk cara dalam menggerakan mulut untuk menerima makananMelatih makan pada sikecil juga dapat membantu mereka dalam memperkuat otot mulutnya . Otot – otot tersebut digunakan untuk menerima suapan makanan dan juga untuk berbicara .

Berikut adalah tips melatih makan bayi  yang benar :

Hal – hal yang harus dilakukan ibu saat akan melatih makan si buah hati

  • Kenalkan tekstur makanan secara bertahap

Melatih makan pada sikecil seperti tugas sulit yang harus dilakukan oleh seorang ibu tapi sebenarnya tidaklah sulit jika anda dapat memahami hal – hal pertama yang harus dilakukan saat akan memberi makan si kecil . Misalnya anda harus mengenalkan tekstur makanan padat yang halus terlebih dahulu pada sianak . Pertama mereka akan membiasakan menggerakan mulut dan merasakan rasa makanan padat yang ada didalam mulutnya . Kemudaian mereka akan belajar menggerakan makanan dengan lidahnya dari depan kebelakang dan kemudian menelannya . Oleh karena itu, makanan yang memiliki tekstur halus merupakan makanan yang baik bagi bayi yang baru mulai makan .

  • Peralihan ke makanan padat

Apabila sikecil sudah mampu memakan makanan yang halus langkah selanjutnya adalah ajari mereka untuk mengunyah makanan . Pada tahap ini mereka membutuhkan makanan yang bertekstur agak sedikit padat . Supaya makanan dapat ditelan mereka perlu menggerakan sedikit rahangnya keatas ataupun kebawah . Apabila si kecil sudah tertarik untuk memakan makanan yang lebih padat inilah waktunya untuk memberi mereka sedikit potongan – potongan kecil makanan .

  • Perkenalkan sikecil pada makanan yang berbagai tekstur dan bentuk

Buah hati membutuhkan variasi bentuk dan rasa makanan agar dia tetap tertarik pad makanan . Tapi ibu juga harus tetap memastikan menu makanan sikecil penuh dengan gzi dan nutrisi seimbang yang dapat membantu perkembangan mereka dengan baik .

  • Perkenalkan rasa baru

Melatih makanan pada sikecil juga merupakan mengenalkan mereka kepada rasa baru selain rasa susu . Cobalah memeberi mereka makanan yang terbuat dari sayuan atau buah – buahan . Kenalkan mereka dengan satu rasa makanan pertama jika mereka sudah terbiasa lanjutkan dengan memberi mereka berbagai rasa makanan . Sangat penting bagi si buah hati untuk mengenali berbagai rasa makanan . Jadi bagi para ibu bersabarlah dan terus mencoba untuk mengenalkan berbagai rasa makanan yang tentunya mengandung banyak gizi bagi sikecil .

 

Nah, moms itulah beberapa cara melatih makan bayi yang benar dan tetap menjaga asupan gizi mereka . Bagi anda yang sibuk bekerja alangkah lebih baik jika meluangkan waktu untuk melatih buah hati belajar makan . Karena hal tersebut merupakan hak wajib yang harus diajarkan kepada sikecil . Baca juga yuk artikel tentang 2 Resep Makanan Bayi Terbaik dari Ikan Tuna!

author
No Response

Leave a reply "4 Tips Melatih Bayi untuk Makan"