6 Tips Memilih Makanan Bayi Yang Tepat

No comment 1060 views

makanan bayi

Halo Ibu, bagaimana kabar si Kecil hari ini? Apakah si Kecil sudah mulai mengonsumsi makanan bayi pendamping ASI? Jika si Kecil menunjukkan antusiasnya untuk melahap makanan tersebut, Ibu perlu jeli memilih makanan pendamping ini. Yuk, simak informasi berikut ini mengenai tips memilih makanan bayi.

Memberikan makanan pendamping ASI pada usia yang tepat tentu akan mendukung pertumbuhannya yang lebih baik. Ketika sudah berusia 6 bulan, si Kecil bisa diberi beberapa kudapan sebagai makanan pendamping ASI. Namun, beberapa hal harus tetap Ibu perhatikan untuk memilih makanan bayi yang tepat. Berikut beberapa hal perlu Ibu perhatikan dalam memilih makanan bayi yang tepat:

  • Kualitas gizi makanan bayi

Kualitas gizi tentu hal pertama yang harus Ibu perhatikan karena gizi yang baik akan membantu pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

  • Tekstur makanan bayi

Pada awal pemberian makanan pendamping ASI, berilah makanan bayi yang mudah dilumatkan seperti bubur atau sari buah (pisang, pepaya, jeruk manis). Ketika memasuki usia 6 bulan, si Kecil bisa diberikan makanan yang memiliki tekstur lebih kasar, misalnya nasi tim.

  • Jenis makanan bayi

Sebaiknya Ibu memperkenalkan satu jenis makanan bayi terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah Ibu mengenali reaksi dan alergi pada si Kecil terhadap makanan tersebut.

  • Porsi makanan bayi

Selama awal memperkenalkan makanan bayi, Ibu jangan memaksa si Kecil untuk menghabiskan seporsi makanannya. Biasanya, di awal perkenalan ini si Kecil hanya bisa menghabiskan 1-2 sendok teh saja.

  • Urutan makanan bayi

Biasanya, urutan pemberian makanan bayi berawal dari sari buah, tepung-tepungan dan sayur. Daging, ikan, dan telur umumnya diberikan jika bayi sudah berumur 6 bulan, tetapi bila menunjukkan gejala alergi, makanan tersebut baru diberikan lagi setelah usia satu tahun.

  • Jadwal makanan bayi

Sebaiknya, jadwal makan bayi harus menyesuaikan dengan keadaan lapar si Kecil. Hal ini bertujuan agar saluran pencernaan buah hati siap untuk menerima, mencerna, dan menyerap makanan bayi tersebut.

Nah, itulah cara mudah untuk memilih makanan bayi yang tepat untuk si Kecil. Pastikan asupan gizi si Kecil selalu terpenuhi dengan baik. Tentunya, si Kecil yang sehat akan membuat pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan optimal.

author
No Response

Leave a reply "6 Tips Memilih Makanan Bayi Yang Tepat"