8 Makanan untuk Penuhi Kebutuhan Kalsium Anak

6 Makan untuk Anak Penuhi Kebutuhan Kalsium

Makanan tinggi kalsium untuk anak –┬áSetelah anak mulai belajar makan, bunda harus cermat dan tepat memberikan makanan untuk anak Anda yang masih bayi. Makanan untuk bayi tidak boleh sembarangan karena sistem pencernaan pada bayi masih lemah berbeda dengan pencernaan orang dewasa. Jika bunda salah memilih makanan untuk si kecil maka resikonya pencernaan si kecil akan terganggu.

Salah satu sumber makanan yang harus dikonsumsi oleh anak adalah makanan tinggi kalsium. Tubuh memerlukan kalsium yang setiap tahap usianya meliki kebutuhan yang berbeda – beda. Berikut adalah rincian kebutuhan kalsium tubuh berdasarkan usia.

– Bayi berumur 5 bulan membutuhkan kalsium sebanyak 400 mg/hari

– Bayi berumur 6 bulan hingga 1 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 600 mg/hari

– Anak berumur 1 hingga 10 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 800 mg/hari

– Remaja berumur 11 hingga 24 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1200 mg/hari

– Dewasa di atas 25 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 800 mg/hari

– Di atas 50 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1000 mg/hari

– Ibu hamil dan menyusui membutuhkan kalsium sebanyak 1200 mg/hari
Kenapa kebutuhan kalsium harus terpenuhi? Kalsium mempunyai banyak manfaat diantaranya sebagai berikut :

> Untuk mengaktifkan sel saraf

> Untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh

> Untuk melenturkan otot – otot

> Untuk menormalkan tekanan darah

> Sebagai penyeimbang tingkat keasaman darah

> Mencegah osteoporosis (keropos pada tulang)

> Untuk mencegah penyakit jantung

> Menurunkan risiko kanker usus

> Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui

> Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi

> Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas)

Itulah beberapa manfaat kalsium dan masih banyak lagi manfaat kalsium yang lainnya. Untuk itu wajib bagi bunda menyiapkan makanan balita yang tinggi kalsium untuk tumbuh kembangnya.

Seperti yang kita tahu bahwa kalsium banyak ditemukan dari susu, namun masih banyak makanan lain yang tergolong makanan tinggi kalsium rendah lemak dan ada pula makanan tinggi kalsium dan protein. Jika bunda hanya mengenal susu sebagai makanan yang tinggi kalsium, sebaiknya bunda harus menyimak informasi berikut ini.

Selain susu, makanan tinggi kalsium untuk anak ini harus Anda tambahkan pada menu harian si kecil ya bunda! Baca juga : Bunda, Ketahui 5 Manfaat Keju untuk Anak ini

Contoh makanan tinggi kalsium untuk anak selain susu

1. Sayuran hijau
Jenis makanan tinggi kalsium untuk anak yang pertama adalah sayuran hijau. Didalam sayuran hijau terdapat kalsium yang baik untuk anak maupun orang dewasa. Kita bisa dengan mudah menemukan sayuran hijau yang kaya akan kalsium antara lain bayam, brokoli, sawi, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Makanan laut
Makanan laut seperti salmon, udang, sarden dan kerang merupakan makanan tinggi kalsium untuk anak yang dapat ditambahkan pada menu makanan anak sehari – hari. Dengan mengonsumsi tiga ons salmon saja dalam sehari tubuh akan mendapat asupan kalsium sebanyak 200 miligram.

3. Oatmeal
Makanan tinggi kalsium untuk anak berikutnya yaitu oatmeal, makanan yang sehat untuk jantung ini mengandung 105 miligram kalsium dalam tiap mangkuknya.

4. Kacang – kacangan
Ternyata kacang – kacangan terbukti memiliki kalsium yang tinggi yang sangat kaya akan manfaat bagi tubuh anak. Selain itu berbagai olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti tahu dan tempe juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

5. Pisang
Buah yang satu ini merukan salah satu makanan tinggi kalsium untuk anak yang mudah di temui dan sudah tidak asing untuk kita. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Selain itu pisang juga dapat memperlancar pencernaan si kecil loh bunda!

6. Buah – buahan kering
Buah – buahan kering ternyata juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh dengan menawarkan kalsium sebanyak 135 mg kalsium untuk 5 jenis buah kering. Jadi untuk memperoleh kebutuhan kalium Anda dapat mengkombinasiakan 5 buah – buahan kering untuk bayi.

7. Crackers

Crackers atau biscuit ternyata memiliki kandungan kalsium yang baik bagi tubuh. Beberapa jenis crackers, seperti malkist dan regal memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium bayi Anda sehari-hari. Crackers bisa menjadi camilan untuk si kecil yang baru tumbuh gigi agar ia dapat melatih gigi – giginya untuk mengunyah.

8. Daging sapi

Selain susu, makanan tinggi kalsium untuk anak lainnya adalah daging sapi. Daging sapi kaya vitamin D yang juga sama pentingnya seperti kalsium. Sebab, tanpa vitamin D maka tubuh akan sulit menyerap kalsium. Anda bisa mengolah daging sapi dengan menghaluskannya jadi bubur untuk diberikan pada si kecil. Saat di-blender, Anda bisa juga menambahkan sayuran untuk buburnya.

Macam – macam makanan tinggi kalsium untuk anak diatas bisa dijadikan sebagai referensi bunda saat berbelanja agar mencantumkan beberapa makanan di atas dalam daftar belanja sehari – hari.

author
No Response

Leave a reply "8 Makanan untuk Penuhi Kebutuhan Kalsium Anak"