9 Point Penting Memberikan Makanan Bayi

No comment 1088 views

9 Point Penting Memberikan Makanan Bayi

Makanan bayi – Selama tahun pertama dari orang tua, makanan bayi Anda relatif sederhana ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi, namun sekarang bahwa bayi Anda telah mencapai tahap tumbuh gigi. Anda mulai merasa mungkin sudah saatnya untuk perlahan-lahan memperkenalkan makanan padat.

Tapi kapan waktu yang tepat untuk mulai memperkenalkan makanan bayi semi-padat dan padat makanan bayi kepada bayi Anda? Apakah ada masa rekomendasikan waktu, atau harus keputusan dibuat berdasarkan naluri orangtua sendiri?

Tidak ada akhir untuk jawaban tentang isu memperkenalkan makanan bayi Tampaknya seolah-olah setiap ahli gizi dan medis memiliki pendapat berbeda mengenai masalah ini. Namun ada beberapa point mendasari yang dapat membantu Anda untuk menentukan kapan bayi Anda siap untuk makanan bayi semi-padat dan padat.

Apakah bayi Anda merasa kurang puas dengan ASI atau susu formula bayi? Apakah bayi Anda menjadi lapar lebih cepat dari biasanya? Jika demikian, bayi Anda membutuhkan makanan yang lebih besar dalam rangka untuk memuaskan nafsu makannya.

Bagaimana memberikan makanan pada bayi berikut pointnya:

  • Tidak menggunakan peralatan makan bersama-sama atau mengunyah terlebih dahulu
  • Berikan dengan tekstur lembut, agak encer, bertahap disesuaikan dengan kemampuan bayi
  • Pastikan makanan tersebut aman dan mengandung asupan gizi yang dibutuhkan bayi
  • Mulai dengan jumlah sedikit satu atau dua sendok teh
  • Makanan baru diberikan pada jarak tiga sampai lima hari
  • Perhatikan adanya reaksi alergi
  • Kenalkan satu persatu jenis makanan sebelum diberikan berupa campuran
  • Diberikan pada pagi hari agar cukup waktu bila ada reaksi alergi
  • Cuci tangan dan semua peralatan

Walau bagaimanapun juga makanan bayi yang paling utama adalah ASI. Semua gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi telah terkandung di dalamnya, khususnya bagi bayi dengan usia di bawah 6 bulan. Kandungan yang kaya akan nutrisi dan gizi ini tidak dapat tergantikan oleh susu forumula, meskipun harganya paling mahal sekalipun.

Itulah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada kita. Pemberian ASI eklsusive diberikan kepada bayi hingga bayi mencapai usia 6 bulan, artinya selama 6 bulan bayi tidak perlu memerlukan tambahan pendamping untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

author
No Response

Leave a reply "9 Point Penting Memberikan Makanan Bayi"