Alpukat Ampuh Tambah Berat Badan Bayi

No comment 3345 views

Alpukat

Seiring dengan bertambahnya usia, pasti berat badan bayi tersayang juga akan semakin bertambah. Yah, peningkatan berat badan si Kecil tentu menjadi salah satu acuan bahwa tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal. Tentu saja, penambahan berat badan bayi harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang baik.

Nah, Ibu bisa memanfaatkan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam alpukat untuk menambah berat badan bayi. Tekstur alpukat yang cukup lembut tentu saja mudah dicerna si Kecil dan cocok untuk dijadikan sebagai makanan pertama pendamping ASI. Yuk, simak manfaat lainnya dari buah alpukat berikut ini:

  • Memelihara kesehatan

Kandungan lemah tak jenuh yang terdapat dalam alpukat mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Lemak nabati alpukat ini tentu bisa membantu memenuhi kebutuhan lemak si kecil dan meningkatkan berat badan bayi tanpa harus khawatir dengan obesitas.

Memberikan alpukat sebagai camilan sehat untuk si Kecil, tentu saja membantu memelihara kesehatannya dengan baik.

  • Mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil

Banyaknya kandungan nutrisi vitamin B2, B3, B5, K, C, E, kalium, lutein, magnesium, dan zat besi pada alpukat dapat membantu menambah berat badan bayi.

Semua zat penting tersebut juga penting untuk mendukung tumbuh kembangnya di usia golden age. Kandungan vitamin B kompleksnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan jaringan sel-sel tubuh si Kecil.

  • Memaksimalkan perkembangan otak

Salah satu organ vital dalam tubuh manusia adalah otak. Oleh karena itu, asupan gizi baik sangat diperlukan untuk memaksimalkan perkembangan dan kinerja otak.

Omega 3 yang terkandung di dalam alpukat ini tentu saja sangat baik untuk makanan otak si Kecil. Dengan banyak memberikan banyak buah hijau ini sebagai kudapannya, perkembangan otaknya bisa berjalan dengan optimal.

Untuk menjadikannya sebagai makanan bayi, alpukat bisa disajikan tanpa tambahan apapun. Pilih alpukat yang cukup matang sehingga rasanya enak dan teksturnya cukup lembut untuk mulut si Kecil.

Ibu bisa memvariasikan alpukat ini dengan menjadikannya jus buah. Ibu bisa mengikuti resep di bawah ini untuk membuat jus alpukat toping gula merah favorit si Kecil:

Bahan:

  • 100 gram buah alpukat yang sudah masak baik
  • 250 ml susu sapi segar
  • 2 buah kurma
  • 2 sendok makan gula merah yang telah dicairkan

Cara membuat:

  • Blender campuran buah alpukat, kurma, dan susu segar
  • Tambahkan gula merah yang telah dicairkan kemudian aduk hingga rata
  • Tuangkan ke dalam gelas atau mangkuk dan suapkan pada si Kecil sebagai makanan pendamping ASI

Nah, itulah resep yang bisa Ibu buat di rumah dengan bahan dasar buah alpukat. Dengan sajian yang bervariasi, tentu si Kecil semakin lahap makan sehingga berat badan bayi bisa naik dengan cepat dan dapat mengimbangi perkembangan tubuhnya. Selamat mencoba.

author
No Response

Leave a reply "Alpukat Ampuh Tambah Berat Badan Bayi"