Bagaimanakah Cara Mengolah Puree

No comment 3401 views

Makanan SehatMakanan Sehat – Bayi mulai diperkenalkan dengan MP-ASI berbentuk lumat halus karena bayi sudah memiliki reflek mengunyah. Contoh MP-ASI berbentuk halus antara lain : bubur susu, biskuit yang ditambah air atau susu, pisang dan pepaya yang dilumatkan. Berikan untuk pertama kali salah satu jenis MP-ASI, misalnya pisang lumat.

Berikan sedikit demi sedikit mulai dengan jumlah 1-2 sendok makan, 1-2 kali sehari. Berikan untuk beberapa hari secara tetap, kemudian baru dapat diberikan jenis MP-ASI yang lainnya.

Memberikan MP-ASI dengan botol dan dot untuk anak baduta sambil tiduran dapat menyebabkan infeksi telinga tengah, apabila MP-ASI masuk keruang tengah.

Bagaimana cara mengolah bahan makanan yang tepat untuk dibuat pure?

Serealia. Umumnya, serealia seperti beras dan jagung harus dihaluskan dulu menjadi tepung sebelum diolah jadi makanan bayi. Namun, ada juga yang dimasak dulu menjadi bubur, baru dihaluskan.

Sayuran. Pilih sayuran yang tidak berserat banyak serta menghasilkan gas, misalnya daun bayam, buncis dan wortel. Bersihkan secara menyeluruh, kupas kulit wortel dan sejenisnya, serta potong jadi beberapa bagian. Cara terbaik untuk menyiapkan sayuran adalah dengan mengukusnya, lalu haluskan dengan blender atau food processor sampai menghasilkan tekstur yang diinginkan.

Buah. Ada buah yang bisa diberikan langsung tanpa dimasak seperti pisang, dan ada pula yang harus dimasak seperti apel. Untuk golongan yang kedua, cuci, kupas dan buang semua biji yang ada, lalu masukkan ke dalam panci. Beri air secukupnya sampai buah terendam dan rebus sampai lunak –biasanya sekitar 10-15 menit, tergantung jenis dan ukuran potongan buah. Setelah matang, haluskan seperti halnya sayuran.

Daging dan ikan. Pilih daging yang sedikit mengandung lemak, daging ayam tanpa kulit, atau daging ikan tanpa duri. Semua jenis daging tersebut harus dalam keadaan benar-benar matang, diberikan sedikit demi sedikit atau bertahap sesuai usia bayi, dan dicampur dengan bahan makanan lain. Hal ini mengingat sistem pencernaan dan ginjal bayi belum berkembang sempurna. Daging juga dapat direbus, dihaluskan dan dibekukan.

 

No Response

Leave a reply "Bagaimanakah Cara Mengolah Puree"