Berikan 5 Makanan Bayi Bergizi ini, ya Bu!

No comment 2523 views

makanan bayi

 

Makanan bayi harus mengandung nutrisi dan gizi dengan paket lengkap. Semua jenis protein, mineral, kalsium, folat dan masih banyak lagi yang lainnya harus ada dalam makanan yang dikonsumsi bayi. Ini karena nutrisi pada makanan bayi bisa mempengaruhi pertumbuhannya di masa depan. Tentunya, Ibu juga tak mau bukan kalau buah hati kelak terganggu pertumbuhannya? Maka dari itu, pastikan Anda memenuhi asupan gizinya setiap hari.

Nah, makanan apa saja yang bisa ibu berikan untuk penuhi gizi bayi? Untuk informasi selengkapnya, ketahui 5 makanan bayi yang patut untuk dikonsumsi berikut ini:

1. Labu kuning

Labu kuning merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dijumpai di Indonesia. Buah yang biasanya ikut memeriahkan pesta Halloween ini dapat juga digunakan sebagai bahan alternatif pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat pada  bayi. Selain memiliki tekstur yang lembut sehingga baik untuk proses pencernaan, warnanya yang cantik dan cerah ini juga bisa membuat si Kecil menjadi lebih semangat dan tertarik saat makan.

2. Alpukat

Alpukat dikenal dengan kandungan karbohidratnya yang tinggi. Selain itu, alpukat juga mengandung karotenoid dan vitamin A pada yang sangat baik untuk kesehatan mata anak serta dapat pula membantu memperhalus kulit. Selain itu, buah yang satu ini juga dapat menjaga kestabilan jumlah sel darah merah sehingga anak akan terhindar dari kemungkinan kekurangan sel darah merah (anemia).

Apabila bayi mudah sakit, Ibu bisa memberikan buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika latin ini untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuhnya. Buah yang memiliki cita rasa gurih ini mengandung asam oleat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan serta berperan dalam pembentukan antibodi.

3. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan bahan makanan yang kaya akan zat besi. Nutrisi satu ini berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan, khususnya pada bayi. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung zat kapur, mineral, magnesium, dan fosfor yang turut andil dalam pertumbuhan serta perkembangan bayi. Dengan mengonsumsi banyak sayuran hijau, kemungkinan untuk terserang penyakit akan berkurang. Daya tahan tubuh juga meningkat dan dapat menangkal serangan radikal bebas.

4. Daging

Kebutuhan protein sebagai salah satu gizi bayi dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan ini. Makanan bayi yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya dapat membuat tubuh si Kecil menghasilkan energi ekstra. Selain itu, kandungan protein di dalam daging juga dapat membantu optimalisasi produksi eritrosit dalam tubuh.

5. Jeruk Mandarin

Nama jeruk Mandarin mungkin tak asing di telinga Ibu. Jenis jeruk yang banyak digemari karena rasanya yang manis ini merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Selain bermanfaat untuk membentuk kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan sel kanker, buah yang berasal dari famili citrus ini juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit bayi.

Pastikan Ibu memberikan makanan bayi yang bergizi selama proses pertumbuhan buah hati. Dengan memenuhi kebutuhan gizinya, anak akan tumbuh optimal, sehat, dan ceria.

author
No Response

Leave a reply "Berikan 5 Makanan Bayi Bergizi ini, ya Bu!"