Bunda, Simak Prinsip Memilih Makanan Bayi Yang Baik Berikut

Bunda, Simak Prinsip Memilih Makanan Bayi Yang Baik Berikut

Bayi adalah manusia mungil yang masih dalam proses pertumbuhan dan membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk menjamin tumbuh kembang yang sempurna. Setelah ia lahir, ia akan menggantungkan seratus persen kebutuhan nutrisinya pada ASI. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya, dan saat itulah Anda perlu mulai memperkenalkan makanan padat padanya. Apa sajakah prinsip memilih makanan bayi yang baik?

Bagi setiap ibu, tentunya sangatlah penting untuk mengetahui prinsip memilih makanan bayi yang baik. Karena hanya dengan itulah Anda dapat memberikan produk-produk makanan bernutrisi dengan gizi yang terbaik. Salah satu makanan yang mulai dapat Anda perkenalkan pada bayi Anda setelah ia menginjak usia 2 tahun adalah makanan dan minuman dengan kadar kalsium yang tinggi seperti susu sapi dan produk-produk turunannya, seperti keju. Kandungan kalsium yang terdapat di dalam susu sapi dan keju dibutuhkan bayi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Baca juga: Ladies, Intip Cara Bleaching Rambut Yang Benar

Akan tetapi, produk hewani tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa bayi. Jadi, jika bayi Anda menunjukkan reaksi alergi (diare, gatal-gatal, atau sesak napas) setelah mengkonsumsi susu, Anda dapat menggantinya dengan susu kambing atau susu kedelai.

Selain produk hewani, bayi Anda juga sudah dapat diperkenalkan dengan buah-buahan dan berbagai macam sayuran. Buah-buahan kaya akan vitamin C dan B kompleks yang akan sangat membantu bayi dalam proses pembentukan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, bayi akan lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Perkenalkan buah-buahan yang manis dan lunak seperti pisang dan pepaya sehingga mudah dikunyah oleh bayi Anda yang belum memiliki gigi. Anda dapat menyajikannya dalam bentuk bubur puree atau dalam bentuk finger snack, yaitu dengan cara memotong kecil-kecil buah tersebut sehingga pas dengan ukuran mulut si kecil.

Perbanyak juga konsumsi sayuran segar yang mengandung asam folat dan zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga mencegah bayi terkena anemia. Selain itu, sayuran yang kaya akan vitamin A seperti wortel juga perlu mulai diperkenalkan pada bayi Anda, baik dalam bentuk finger food maupun dalam bentuk jus wortel.

Hindari membiasakan bayi untuk mengkonsumsi makanan berlemak tinggi seperti yang terkandung di dalam junk food atau makanan cepat saji. Makanan-makanan olahan tersebut tidak hanya tinggi akan lemak jenuh yang dapat membuat bayi terkena obesitas tetapi juga mengandung sedikit sekali vitamin dan mineral. Selain itu, jika bayi Anda belum memiliki cukup gigi untuk mengunyah makanan, hindari makanan yang keras dan kacang-kacangan karena dapat menyebabkan bayi tersedak.

Bunda, semoga prinsip memilih makanan bayi yang baik ini bermanfaat bagi Anda.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Simak Prinsip Memilih Makanan Bayi Yang Baik Berikut"