Cara Ampuh Mengatasi Susah BAB pada Balita!

No comment 4129 views

Cara Ampuh Mengatasi Susah BAB pada Balita!

Anak balita susah BAB – Salah satu penyakit yang sering terjadi dan dapat menyerang siapa saja yaitu sembelit atau susah buang air besar (BAB). Tidak hanya orang dewasa, anak – anak dan bayi pun sering mengalami masalah buang air besar ini. Jika hal ini terjadi kepada balita dan bayi yang bisa dilakukannya hanya menangis ketika BAB, keadaan ini membuat orang tua panik dan khawatir.

Namun sebenarnya hal ini adalah wajar terjadi, kekhawatiran itu hanya karna kurangnya pengetahuan para orang tua terlebih jika hal tersebut terjadi pada anak pertama. Jika bayi terserang sembelit akan membuat ia mengalami kolik sehingga menjadi susah makan. Gejala yang bisa dilihat dari anak balita yang susah BAB yaitu menangis dan rewel saat BAB karena kesakitan mengeluarkan kotoran, bayi muntah, berat badan tidak mengalami peningkatan, dan bila diraba perut bayi atau balita akan terasa keras.

Lalu apa yang harus bunda lakukan saat anak balita susah BAB? Berikut ulasannya untuk Anda. Baca juga : Kenali 4 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Balita ini

Cara mengatasi sembelit pada balita

1. Jika Anda memberikan susu formula pada mereka, yang harus diperhatikan yaitu takaran keenceran susu tersebut sehingga pas, tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Untuk mengetahui takarannya Anda bisa melihat pada label yang biasanya dicantumkan dibagian belakang kemasan susu.

2. Jika takaran sudah Anda sesuaikan namun bayi tetap sembelit, maka mintalah rekomendasi pada dokter mengenai susu formula apa yang tepat. Jadi otomatis Anda harus ganti merk susu sesuai dengan saran dari dokter sebab balita atau bayi biasanya tidak cocok dengan merk susu tertentu. Namun Anda juga tidak boleh sering gonta ganti susu formula karena hal tersebut dapat mengganggu pencernaan.

3. Bila terjadi luka atau peradangan pada anus bayi akibat fesesnya terlalu keras Anda bisa mengoleskan minyak untuk membantu meredakan rasa nyeri.

4. Lakukan pemijatan dengan gerakan melingkar secara lembut pada daerah sekitar perut bayi mulai dari pusar ke arah luar. Anda bisa menggunakan krim atau minyak pijat bayi untuk melakukan pemijatan.

5. Berikan anak asupan buah – buahan dan sayuran yang banyak karena buah dan sayuran dapat membantu memperlancar BAB. Anda bisa memberikan dalam bentuk jus atau buah biasa.

6. Jika asupan cairan tercukupi maka BAB akan lebih mudah, untuk itu berikan anak Anda air putih yang cukup untuk memenuhi asupan cairannya.

7. Berikan jus prune. Tambahkan prune yang dihaluskan pada menu diet bayi jika si kecil sudah memasuki masa konsumsi makanan padat. Selain itu kita juga bisa memberikan jus prune yang dicampur dengan air, jus apel atau jus buah pir. Jika kita mengetahui makanan yang cenderung membuat tinja bayi menjadi keras maka sebaiknya kita mencoret makanan ini dari daftar menu bayi. Makanan- makanan yang biasanya akan cenderung membuat tinja bayi menjadi keras dan meningkatkan resiko si kecil terkena sembelit pada bayi adalah pisang, nasi dan kentang.

8. Latihan kaki. Bantu bayi untuk melakukan latihan ringan dengan membaringkannya dan membuat bayi bergerak menendang-nendang seperti sedang bersepeda. Hal ini dapat membantu melonggarkan gesekan pada saluran usus dan baik untuk mengurangi gas.

9. Tingkatkan asupan serat. Kita bisa memberikan bubur sayuran, buah atau gandum utuh untuk membantu mempermudah sistem kerja pencernaan.

Dengan memberikan penanganan yang tepat pada anak balita susah BAB, bunda tidak perlu khawatir atau cemas lagi. Namun jika sembelit tidak kunjung sembuh segera hubungi dokter.

author
No Response

Leave a reply "Cara Ampuh Mengatasi Susah BAB pada Balita!"