Cara Memberikan Makanan Sehat Pendamping Asi

Makanan ASI

Makanan Sehat – Tambahan makanan sehat disela-sela pemberian ASI atau dikenal dengan MPASI sangat dianjurkan diberikan kepada bayi yang sudah berusia 6 bulan. Selain karena tubuhnya sudah mulai membutuhkan berbagai zat penunjang pertumbuhan, pada usia ini bayi juga harus mulai di latih untuk mengenal berbagai macam makanan sehat dalam rangka menyeimbangkan sistem pencernaan dan untuk membantu kekebalan tubuhnya.

A. UMUR 6 BULAN :
Pertama kali memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) kepada bayi disarankan untuk mengenalkan tekstur yang encer terlebih dahulu. Mulailah dengan makanan sehat dengan tekstur lunak seperti biskuit yang diencerkan pakai air atau susu dan kenalkan juga secara perlahan bubur susu. Kemudian dicoba dikombinasikan dengan sayuran dan buah karena buah dan sayur merupakan makanan sehat paling direkomendasikan. Untuk penggunaan susu bisa menggunakan ASI atau Susu Formula.

B. UMUR 7-8 BULAN
Selagi tetap memberikan menu makanan sehat bayi umur sebelumnya, di usia ini sudah bisa mulai diperkenalkan dengan makanan sehat yang bertekstur lebih kasar (semi padat), yaitu nasi tim saring dan kemudian secara bertahap bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring. Jenis sayur dan buah yang disarankan: asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak, brokoli, mangga, blewah, timun suri, peach. Bisa juga ditambahkan ayam, daging sapi giling, hati ayam/sapi, ikan, tahu, tempe, telur ayam kampung.

Anda mulai bisa memperkenalkan MPASI (Makanan Sehat Pendamping Air Susu Ibu) kepada bayi Anda setelah ia berusia 6 bulan. Hingga usianya 6 bulan, asupan terbaik untuknya adalah ASI Eksklusif.

Ketika bayi sudah siap menerima MPASI, biasanya ia akan memberikan “sinyal”, alias tanda-tanda, diantaranya:

  • Kekuatan kepala: ia sudah bisa menahan kepalanya dalam posisi tegak dengan stabil.
  • Untuk bisa menyimpan makanan dalam mulutnya untuk kemudian ditelan, bayi harus mulai berhenti menggunakan lidahnya untuk mendorong makanan keluar dari mulutnya.
  • Duduk dengan baik sambil bersandar: untuk bisa menelan dengan baik, tentu saja bayi harus sudah bisa duduk dengan tegak, walaupun dengan bersandar.
  • Pada sebagian bayi, seringkali mereka akan terlihat “kelaparan”, walaupun sudah 8-10 minum ASI/Sufor dalam sehari.
  • Mulai tertarik dengan makanan Anda

Pada prinsipnya pemberian Menu Makanan Sehat untuk Bayi pendamping ASI diberikan secara bertahap baik bentuk maupun jumlah. Diawali dengan menu pengenalan makanan yang bertekstur encer terlebih dahulu dan kemudian secara bertahap diperkenalkan dengan tekstur yang lebih padat.

Pengelompokkan makanan sehat diatas berdasarkan usia bayi hanya bersifat umum, pada penerapannya lebih dipengaruhi oleh faktor perkembangan kemampuan pencernaan dan selera si kecil. Akan tetapi ada hal yang harus diperhatikan, yaitu pemberian yang terlalu dini akan mengganggu penyerapan zat gizi. Sebaliknya, pengenalan yang terlambat akan meningkatkan risiko kesulitan makan pada anak di fase berikutnya.

Bagiamana bunda, apakah sudah memahami tentang pengenal makanan sehat pendamping ASI ini?

No Response

Leave a reply "Cara Memberikan Makanan Sehat Pendamping Asi"